17 Amalan Penghapus Dosa, Nomor 11 Jarang Orang Tahu

17 Amalan Penghapus Dosa, Nomor 11 Jarang Orang Tahu

PeciHitam.org – Ada amalan penghapus dosa yang bisa kita lakukan sebagai bentuk usaha kita menjadi seorang manusia yang bersyukur dan taat kepada Allah SWT.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun amalan penghapus dosa tersebut ialah:

  • Selalu bertaubat atas dosa yang dilakukan.

Kita sering khilaf berbuat salah dan dosa tapi jangan sampai merasa putus asa dan hanya berdiam diri dari memohon ampunan kepada Allah SWT karena Allah SWT Maha Pengampun dan Pemberi Maaf.

  • Sadar diri dan berhenti melakukan perbuatan dosa.

Setelah bertaubat harus saat itu juga berjanji dan bersungguh-sungguh untuk berhenti melakukan perbuatan yang mengakibatkan dosa dan dengan cara inilah kita berusaha meminimalisir bertambahnya dosa-dosa lain, karena Allah SWT Maha Penolong bagi orang yang mau berusaha.

  • Memperbanyak Istighfar.

Hendaklah kita selalu memohon ampun dengan ber-Istighfar kepada Allah SWT dan menyadari bahwa apa yang dilakukan merupakan hal yang berdosa, dengan kita harus tetap berusaha untuk menjaga diri dan tidak lagi mengulangi dosa yang sama.

  • Berbuat amal kebaikan.

Dengan berbuat amal kebaikan, maka akan menambah hitungan pahala sebagai bekal kita di akhirat kelak, karena berbuat amal kebaikan juga bisa menjadi pelebur dosa-dosa yang telah lalu.

  • Doa orang beriman satu sama lain.
Baca Juga:  3 Etika Berpendapat ala Rasulullah

Harus dipahami bahwa saling mendoakan tidak hanya dapat melebur dosa-dosa kecil yang dia lakukan, melainkan dosa-dosa besar pun juga akan diampuni oleh Allah SWT, jadi saling mendoakan bisa menjadi sebab datangnya ampunan.

  • Amalan kebaikan untuk orang yang meninggal.

Amalan baik yang diniatkan untuk seseorang yang sudah meninggal juga bisa menjadi sebab datangnya ampunan bagi orang yang sudah meninggal tersebut, sama halnya ada amalan yang tak putus ketika seseorang meninggal.

  • Memohon syafaat Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadis mutawatir terdapat sabda Rasulullah SAW tentang syafa’at: “Syafa’atku untuk pelaku dosa besar dari umatku”, ada juga Rasulullah SAW bersabda: “Separuh dari umatku akan dipilih untuk masuk surga atau akan diberi syafa’at. Maka aku pun memilih agar umatku diberi syafa’at kareana itu tentu lebih umum dan lebih banyak, apakah syafa’at itu hanya untuk orang bertakwa? Tidak, syafaat itu untuk mereka yang terjerumus dalam dosa”.

  • Sabar dalam menghadapi musibah dunia.

Musibah yang kita alami di dunia bisa saja menjadi sebab dari terhapusnya dosa kita, termasuk dosa besar, dan karenanya hendaklah kita bersabar saat ditimpa musibah, karena hal demikian bisa menjadi penghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

  • Perbanyak sedekah.
Baca Juga:  Muhasabah, Upaya Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

Sedekah merupakan salah satu cara meringankan kesusahan dan memperberat timbangan amal kebaikan untuk menutupi dosa, karena sedekah sangat besar pahalanya di sisi Allah SWT.

  • Pahala sedekah di hari jum’at.

HR. Tirmidzi didalamnya disebutkan bahwa sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api, demikian dalam Al-Qur’an juga disebutkan tentang keutamaan bersedekah bahwa akan di lipat-gandakan ganjaran dan pahala bagi yang bersedekah, apalagi di hari jum’at.

  • Menjaga wudhu.

Berwudhu dan menjaga wudhu merupakan salah satu amalan penghapus dosa, termasuk dosa besar. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berwudhu seperti wudhuku ini, maka dosa-dosanya yang terdahulu akan diampuni, sedangkan shalatnya, jalannya menuju masjid adalah amalan tambahan” (HR. Muslim dan Nasa’i).

  • Shalat.

Shalat merupakan amal ibadah yang menjadi tiang agama dan shalat juga merupakan penebus dosa seorang manusia, jadi bisa diumpamakan bagi seorang Muslim yang melakukan sholat lima waktu sehari semalam seperti seseorang yang di depannya mengalir sungai dan kemudian mandi sebanyak lima kali sehari.

  • Puasa.

Puasa selain bisa mecegah dari melakukan perbuatan dosa juga bisa menjadi amalan yang membuat dosa diampuni.

  • Keutamaan puasa ayyamul bidh.

Puasa ayyamul bidh ialah puasa tiga hari setiap pertengahan bulan hijriah dan yang mampu melaksanakannya, maka pahala setiap harinya saat puasa bisa melebur sepuluh kali kesalahan dan dibersihkan dari dosa.

  • Ikhlas dalam beramal.
Baca Juga:  Inilah 5 Rahasia Puasa Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

Dalam kisah diceritakan bahwa ada wanita pezina yang berbuat baik dengan ikhlas tanpa mengharap balasan ataupun ucapan terima kasih dari anjing yang ditolongnya, dan keikhlasan ini pun bisa menjadi penghapus dosa yang telah dilakukan.

  • Selalu menjaga tauhid.

Maksudnya selalu meniatkan diri untuk beribadah dan melakukan semua amal baik hanya karena Allah SWT semata, seperti halnya dengan menjauhi perbuatan buruk karena takut akan murka Allah SWT, maka dengan menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya tujuan, akan terhapus juga dosa yang pernah kita lakukan termasuk juga dosa besar.

  • Membaca lafadz ringan namun berat di timbangan amal.

Rasulullah SAW mengajarkan untuk melaksanakan amalan ringan, karena amalan ringan bisa jadi berat timbangannya di sisi Allah SWT.

Demikian beberapa amalan penghapus dosa, dan semoga kita semua dapat dihindarkan dari hal-hal yang menyebabkan dosa dan dapat di ampuni dosa-dosa kita oleh Allah SWT. Amin

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.