18 Pasukan Irak Tewas dalam Serangan Pesawat Tempur Misterius

Pecihitam.org – Pesawat tempur misterius melancarkan serangan ke wilayah di Suriah timur dekat perbatasan Irak. Dalam serangan itu, sedikitnya 18 anggota Unit Mobilisasi Populer Irak (PMU) tewas.

Serangan tersebut terjadi beberapa jam setelah serangan roket terhadap pasukan koalisi pimpinan-AS di Irak dilaporkan, dimana tiga anggota koalisi dilaporkan tewas.

Dilansir dari Arrahmahnews, Kamis, 12 Maret 2020, Media Suriah mengatakan, jet tak dikenal itu menghantam sasaran di tenggara kota al-Bukamal Suriah di sepanjang perbatasan dengan Irak pada dini hari Kamis pagi (12/03).

Dalam laporan tersebut juga disebutkan setidaknya 18 pasukan populer Irak tewas di daerah perbatasan di Suriah timur.

Beberapa laporan media lokal juga mengatakan bahwa sebuah daerah di provinsi Anbar Irak, di perbatasan dengan Suriah, juga diserang oleh pesawat tempur tak dikenal.

Baca Juga:  Soal SKT, FPI: SKT Tak Berguna dan Kami Tidak Pernah Minta Bantuan Pemerintah

Serangan itu terjadi tidak lama setelah koalisi pimpinan AS mengkonfirmasi tiga personelnya, dua orang Amerika dan satu warga Inggris, tewas dalam serangan roket di kamp militer Taji di Irak.

Sementara beberapa sumber lainnya menyebutkan bahwa serangan di wilayah Suriah dan Irak tersebut diduga diluncurkan oleh AS sebagai balasan atas serangan terhadap pangkalan Irak, dan menargetkan posisi Unit Mobilisasi Populer Irak di Anbar.

Koalisi pimpinan-AS dalam sebuah pernyataannya mengatakan bahwa pangkalan Taji di utara Baghdad menjadi sasaran sekitar 18 roket Katyusha. Pernyataan menambahkan bahwa sekitar selusin personel koalisi juga terluka dalam serangan itu.