Wajib Tahu! Inilah Amalan-amalan yang Dapat Menunda Kematian

amalan yang menunda kematian

Pecihitam.org – Kematian merupakan sebuah keniscayaan, sebab semua makhluk yang bernyawa pasti akan mengalaminya. Kematian adalah suatu kepastian yang misterius, pasti terjadinya namun manusia tidak pernah tahu kapan datangnya. Sebab hanya Allah Swt yang Maha Tahu dan menentukan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Meski kematian adalah ketentuan pasti, namun manusia tidak boleh patah arang dan berkecil hati. Sebab terdapat banyak riwayat yang menjelaskan bahwa usia bisa diperpanjang atau diperpendek sesuai dengan kehendak Allah Swt.

Berdasarkan hadist Rasululah SAW, Allah Swt akan memperpanjang umur orang-orang yang dikehendaki. Akan tetapi bukan dengan cuma-cuma, sebab manusia harus memiliki amalan khusus agar waktu hidupnya bisa diperpanjang. Berikut adalah beberapa amalan yang dapat menunda kematian:

1. Bersedekah

Mungkin sudah banyak yang tahu, bahwa begitu banyak keajaiban yang bisa didapatkan ketika kita ikhlas memberi kepada orang lain. Dengan bersedekah, ternyata Allah Swt bukan hanya memberi balasan dengan menambahkan rezeki kepada hamba-Nya namun juga umur yang lebih.

Hal ini sebagaiman sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari sahabat Amr bin Auf, yang artinya:

“Sesungguhnya sedekah seorang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani).

Akan tetapi kita dapati terkadang orang-orang yang memiliki rezeki lebih enggan untuk bersedekah. Mereka menyimpan harta hanya untuk diri sendiri, padahal disetiap harta yang kita dapatkan, terdapat hak fakir miskin yang harus dikeluarkan baik melalui zakat atau sedekah lainnya.

Baca Juga:  Tiga Hal yang Terlupakan di Zaman Modern Menurut Imam al-Qusyairi

2. Silaturahmi

Di tengah era modern seperti sekarang ini ternyata silaturahmi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Pagi hari, seseorang sudah sibuk mempersiapkan diri untuk bekerja, siang hari mereka berkutat dengan pekerjaan menumpuk yang dikejar deadline, malamnya sudah kelelahan dan mempersiapkan hari esok dengan rutinitas yang sama.

Padahal dalam ajaran Islam silaturahmi merupakan hal yang sangat penting. Selain membuat hubungan antar sesama manusia menjadi lebih dekat, silaturahmi juga dapat memperpanjang usia seseorang. Hal ini juga sebagaimana penjelasan dalam hadist nabi Saw riwayat Imam Bukhari yang artinya.

”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari)

3. Berbakti kepada orang tua

Berbakti kepada orang tua juga menjadi salah satu amalan yang dapat memperpanjang usia seseorang. Amalan ini memang terlihat cukup sederhana, namun marilah kita introspeksi diri sudahkah kita mencoba melaksanakannya?

Baca Juga:  Cara Menghindari Kesalahan dalam Menuntut Ilmu Menurut Imam Al Ghazali

Tidak dipungkiri sejatinya di dalam hati seorang anak begitu menyayangi orang tua, namun tidak tidak jarang kita sering menyakiti perasaan mereka. Semakin besar usia seorang anak, maka semakin besar pula potensinya melawan orang tua yang telah mendidik dan membesarkannya sejak kecil.

Apalagi jika anak sudah dewasa dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, tidak sedikit seorang anak dengan sombongnya membentak atau mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan keinginan orang tuanya.

Hal-hal seperti inilah yang jarang kita pahami sebagai seorang anak. Ketika berhasil memberi mereka materi, uang atau barang dengan hasil keringat kita, maka seolah-olah kita sudah merasa berbakti kepada orang tua.

Padahal yang perlu diingat, berbakti bukan hanya perkara uang, namun juga perkara hati. Bagaimana kita sebagai seorang anak tetap menghormati dan memuliakan derajat kedua orang tua, meski sudah memenuhi kebutuhan mereka.

Sebab sejatinya apapun yang kita berikan, tidak akan pernah bisa membalas jasa apa yang sudah orang tua beri dan lakukan terhadap kita. Oleh karenanya, jika kita berhasil melakukan hal ini, Allah telah menjanjikan bagi hamba tersebut umur yang panjang.

Baca Juga:  Berdoa Meminta Kematian, Bagaimana Hukumnya?

“Barang-siapa berbakti kepada kedua orang tuanya, maka Allah akan menambah umurnya.” (HR. Baihaqi)

“Barangsiapa senang (ber-harap) Allah memperpanjang umurnya dan menam-bah rizkinya, maka hendaklah berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung hubungan sanak-famili.” (HR. Baihaqi).

Demikianlah amalan-amalan yang dapat memperpanjang umur dan menunda kematian. Namun bagaimanapun umur adalah rahasia Allah Swt, sebagai manusia kita hanya diwajibkan berdoa dan berusaha, adapun setiap takdir dan keputusan adalah tergantungg oleh-Nya. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik