Cara Mengamalkan Shalawat Ibrahimiyah dan Apa Saja Keutamaan Membacanya

cara mengamalkan shalawat ibrahimiyah

Pecihitam.org – Shalawat kepada Nabi merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung bagi Umat Islam. Salah satu shalawat Nabi yang dianjurkan untuk diamalkan sehari-hari adalah shalawat Ibrahimiyah. Shalawat ini sering kita baca saat melaksanakan Shalat tepatnya saat tasyahud akhir. Lalu, bagaimana cara mengamalkan shalawat Ibrahimiyah ini dan keutamaan-keutamaan apa saja yang diperoleh jika mengamalkannya?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Cara mengamalkan shalawat ibrahimiyah pada dasarnya sangatlah mudah, karena Setiap Muslim pasti sudah mengenal dan bahkan hafal shalawat tersebut. Berikut adalah lafal Shalawat Ibrahimiyah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Baca Juga:  Meneladani Kepemimpinan Rasulullah SAW

Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani menerangkan bahwa shalawat Ibrahimiyah adalah shalawat yang paling sempurna shighatnya dibanding shalawat-shalawat yang lain, baik yang ma’tsûrah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma’tsûrah. Karena kesempurnaannya ini maka para ulama menentukannya sebagai shalawat yang dibaca ketika seorang Muslim melakukan shalat, di samping karena adanya kesepakatan perihal kesahihan haditsnya. (Yusuf bin Ismail An-Nabhani, Afdlalus Shalawât ‘alâ Sayyidis Sâdât, [Jakarta: Darul Kutub Islamiyah], 2004, hal. 57)

Cara Mengamalkan Shalawat Ibrahimiyah dan Keutamaannya

Imam Nawawi menuturkan Bahwa Shalawat ini disebut sebagai shalawat Ibrahimiyah karena shalawat ini merupakan bentuk shalawat yang sempurna dan paling utama. Apabila diamalkan secara istiqomah maka akan banyak menimbulkan pengaruh yang besar sekali, khususnya bagi anda yang memiliki keinginan besar untuk menunaikan ibadah haji.

Baca Juga:  Hak Mempertahankan Hidup dan Menghargai Kehidupan Orang Lain

Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan sebuah hadits riwayat Imam Bukhari di mana Rasulullah bersabda:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

Artinya: “Barangsiapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

Sementara itu sebagian ulama mengatakan bahwa membaca shalawat Ibrahimiyah sebanyak seribu kali dapat menjadikan pembacanya melihat Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallam.

Adapun cara mengamalkan shalawat ibrahimiyah ini adalah bacalah shalawat ini dengan bertahap setiap kali selesai mengerjakan shalat fardhu lima waktu sekurang-kurangnya 3X, Insya Allah segala hajat anda bisa dimudahkan, dan semoga kelak memperoleh syafaatnya sebagaimana yang telah dijelaskan para Ulama di atas.

Baca Juga:  Bukan Cuma Bukhari dan Muslim, Ini Macam Macam Kitab Hadis yang Harus Kamu Ketahui

Di antara hak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disyari’atkan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas ummatnya adalah agar mereka mengucapkan shalawat dan salam untuk beliau. Maka dari itu, mari kita terus memperbanyak shalawat.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *