Cek Fakta: Benarkah Ayah Habib Rizieq Pernah Berfoto dengan Presiden Sukarno?

Pecihitam.org – Beredar sebuah foto di media sosial yang menyebut ayah pentolan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, pernah berfoto dengan Presiden Pertama RI Sukarno dan Jenderal Sudirman.

Dilihat dari unggahan foto hitam putih tersebut, nampak seorang pria berdiri di tengah-tengah Presiden Sukarno dan Jenderal Sudirman di luar ruangan.

Dalam narasi unggahan foto itu, pria tersebut diklaim sebagai ayah dari Habib Rizieq.


“Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!… Beliau adalah ayahandanya Habib Rizieq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu ykni Belanda karena Khawatir umat islam bersatu,” demikian narasi dalam unggahan foto tersebut.

Baca Juga:  Wasekjen Isfah Abidal Dukung Kepulangan Habib Rizieq, Sekjen PBNU: Itu Pandangan Pribadinya!

Namun, melansir situs Kominfo, Rabu, 12 Agustus 2020 pria yang berdiri di tengah-tengah Presiden Sukarno dan Jenderal Sudirman itu bukanlah ayah Habib Rizieq.

Pria itu adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service sekaligus menjadi duta besar India untuk Indonesia saat itu.

Adapun foto hitam putih tersebut diketahui diabadikan saat Presiden Sukarno, Jenderal Sudirman, dan Mohammad Yunus Khan berada di Magelang, pada 17 Agustus 1948.

Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa unggahan foto yang mengklaim ayah Habib Rizieq pernah berfoto dengan Presiden Sukarno dan Jenderal Sudirman adalah klaim yang salah alias hoaks.

Selain foto tersebut, sebelumnya juga sempat beredar hoaks yang menyebut Presiden Sukarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan RI di rumah ayah Habib Rizieq.

Baca Juga:  Gus Mus Imbau Santri Jangan Diam Saat Ada Kelompok yang Ingin Merusak NKRI

Namun faktanya, rumah yang menjadi lokasi pembacaan proklamasi adalah milik saudagar kelahiran Hadramaut (Yaman), Faradj bin Said bin Awadh Martak.

Muhammad Fahri