Cek Fakta: Video Viral Menag Izinkan Masjid Shalat Tarawih

Pecihitam.org – Sebuah video di media sosial yang memperlihatkan Menteri Agama Fachrul Razi memberikan izin kepada masjid untuk shalat tarawih bersama pada bulan Ramadan beredar di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh salah satu pengguna Facebook bernama Udhin D’Jeka pada Senin, 6 April 2020.

BERITA GEMBIRA. Menteri Agama Fahrur Rozi mengizinkan masjid2 untuk melaksanakan sholat tarawih, buka puasa bersama dll di bulan Ramadan tahun ini dengan tetap menjaga kebersihan dan kewaspadaan,” tulis Udhin D’Jeka di narasi unggahannya sambil memposting video tersebut.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta dari Turnbackhoax, Rabu, 8 April 2020, video itu merupakan video lama dari pemberitaan beritasatu.com pada tanggal 13 Maret 2020, jauh hari sebelum situasi pandemi Covid-19 di Indonesia memburuk seperti saat ini.

Baca Juga:  Heboh! Habib Rizik dan Amin Rais Gabung Jadi Anggota Banser

Saat itu, Menag Fachrul Razi usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kegiatan bersih-bersih istiqlal, tepatnya 40 hari menjelang Ramadan.

Dalam video tersebut Menag juga menyampaikan dua hal terkait penyambutan Ramadan. Pertama, tentang imbauan berwudhu dengan air mengalir dan masjid siapkan alat pembersih tangan.

Kedua, Menag menyampaikan bahwa kegiatan Ramadan akan berjalan seperti biasa, kecuali jika keadaan berubah menjadi lebih buruk.

“Mengambil air wudhu betul-betul yakinkan air itu mengalir dengan baik, kemudian di tiap-tiap tempat wudhu tersebut kami siapkan sabun dan antiseptik, mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik, penularan penyakit menjadi lebih kecil. Kemudian hal lain kami informasikan juga bahwa sebentar lagi akan Ramadan, kami sepakat, Ramadan tarawih maupun buka puasa bersama tetap kita adakan sebagaimana biasa, kecuali ada perubahan situasi yang membuat situasi sangat jelek, kecuali itu ya. Mudah-mudahan tidak akan terjadi. Kalau itu kita akan ambil langkah-langkah lain,” ujar Menag Fachrul Razi, mengutip dari situs kemenag.go.id.

Baca Juga:  Menag: Jika Ada Kepastian dari Arab Saudi, Jemaah Haji Bisa Berangkat 26 Juni

Pernyataan lengkap Menag tersebut dimuat dalam berita yang dirilis melalui laman kemenag.go.id dengan judul “Cegah Penyebaran Korona, Menag Galakkan Bersih-Bersih Rumah Ibadah” yang terbit pada tanggal 13 Maret 2020.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa narasi yang digunakan dalam potongan video Menteri Agama adalah tidak benar alias hoaks.