Doa Untuk Pengantin Baru, Catat Buat Yang Mau Nikah!

Doa Untuk Pengantin Baru, Catat Buat Yang Mau Nikah!

PeciHitam.org – Doa untuk pengantin baru lebih sering dimaknai sebagai sekadar restu maupun persetujuan atau pemberian izin pada orang yang meminta doa, dan yang perlu kita ungkapkan dalam doa restu untuk kedua pengantin adalah doa untuk pengantin baru yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Doa untuk pengantin baru:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

Artinya: “Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Ahmad dan Hakim).

Makna doa untuk pengantin baru tersebut jika kita mau mencermati, dalam doa ini tersimpan kesempurnaan kebaikan seperti:

  • Kita meminta keberkahan untuk kedua mempelai.

Kata “Baarakallahu laka” artinya semoga Allah memberi keberkahan padamu. Keberkahan berarti kebaikan dari Allah yang kian bertambah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Keberkahan dalam hal rezeki yang baik, rezeki yang halal, dan rezeki yang melimpah, serta keberkahan dalam kehidupan keduanya.

Baca Juga:  Doa Sore Hari yang Dianjurkan Rasulullah

Allah akan memberikan keutamaan kepada mereka dan Allah akan memberi rezeki kepada mereka. Hal ini mengandung pengertian bahwa menikah adalah pintu rezeki karena menikah akan mendatangkan rezeki.

Keberkahan yang kita mintakan untuk pasangan juga berarti bertambahnya kebaikan dan amal ketaatannya dalam ibadah.

Dalam doa keberkahan ini, kita juga tidak hanya memintakan keberkahan untuk kehidupan pengantin saja, tapi juga keberkahan untuk anak-anak serta keturunan mereka berdua.

  • Kita meminta keberkahan untuk keturunannya.

Doa keberkahan untuk anak-anak dan keturunannya terungkap dalam kata-kata, “Wabaarakallahu ‘alaika” yang berarti semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang baik padamu.

Keberkahan dalam keturunan berarti pasangan di doakan agar memperoleh anak-anak yang sehat, terampil, shaleh, dan membawa kebaikan untuk kedua orang tuanya.

Dengan doa pengantin ini, kita juga telah mendoakan agar keduannya cepat-cepat diberi anak keturunan dan inilah makna penting sebuah keberkahan, begitu pula keberkahan tidak hanya diukur dari segi kuantitas saja, tapi juga kualitas.

Baca Juga:  Menenangkan Hati Dengan Dzikir? Ini Caranya!

Maka, doa keberkahan yang kita sampaikan kepada keduanya mencakup segala kebaikan untuknya, calon anak-anaknya, calon cucu-cucunya, dst, baik menyangkut dunianya maupun akhiratnya.

  • Kita meminta agar Allah mengumpulkan keduanya dengan perkumpulan yang baik dan harmonis.

Yakni hubungan yang didasari oleh sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Allah berfirman dalam Al Quran:

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ 

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Rum 30:21)

Betapa pentingnya hubungan yang baik dan harmonis dalam pernikahan, karena keduanya adalah kunci utama untuk memperoleh keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Baca Juga:  Hadits Tentang Anjuran Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Tanpa adanya jalinan yang harmonis antara keduanya, mustahil sebuah rumah tangga akan mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dan untuk mencapai keluarga yang baik dan harmonis, orang terlebih dahulu memeperoleh sakinah dan rahmat.

Hubungan keluarga bisa harmonis jika di dalamnya ada sakinah, jadi pasangan merasakan ketentraman dan kasih sayang, dalam keadaan diguncang kesulitan atau dikaruniai kesuksesan, pasangan tetap bisa merasakan ketentraman.

Doa untuk pengantin baru diatas beserta maknanya ialah yang diajarkan Rasulullah untuk disampaikan kepada pasangan pengantin, namun sayangnya doa tersebut sering kali dilupakan oleh para pengunjung, bahkan doa untuk pengantin ini hanya sekadar menjadi hiasan tempat perayaan pesta pernikahan.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.