Enam Misteri dalam Kehidupan yang Allah Sembunyikan dari Manusia

misteri kehidupan allah

Pecihitam.org – Kehidupan di dunia memang msih banyak menyisakan misteri yang tidak diketahui oleh manusia. Seperti halnya takdir yang tidak ada satupun makhluk mengetahui kecuali atas izin Allah Swt. Begitu banyak misteri kehidupan yang Allah sembunyikan dari makhluk ciptaan-Nya atau yang sering disebut dengan rahasia Ilahi.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Akan tetapi di balik misteri kehidupan yang Allah sembunyikan tersebut pasti selalu ada hikmah dibalik semua itu. Semua misteri tersebut akan terbuka apabila Allah Swt sudah berkehendak.

Adapun menurut Sayyidina Umar bin Khattab radiyallahu’anhu ada enam perkara yang masih jadi misteri dalam kehidupan yang Allah Swt semunyikan dari hamba-hamba-Nya. Lalu apa sajaenam misteri tersebut? Simak selengkapnya.

1. Allah Menyembunyikan Keridhoan-Nya pada manusia.

Misteri pertama yang disembunyikan Allah Swt dari hamba-Nya yaitu, Dia menyembunyikan keridhoan-Nya meski kepada hambanya yang taat. Tujuan keridhoan tersebut disembunyikan yaitu agar manusia bersungguh-sungguh dalam melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya dengan penuh ketaatan.

Baca Juga:  Ini Hukum Belajar Bahasa Arab Jika Tujuannya Agar Bisa Memahami Al-Quran

Itu sebabnya kita tidak boleh menyepelekan ketaatan kepada Allah walaupun sekedar perkara kecil sekalipun. Sebab bisa jadi disana ridho Allah diberikan kepada kita yang melaksanakannya.

2. Allah Menyembunyikan Murka-Nya.

Bukan hanya menyembunyikan ridho-Nya dalam ketaatan manusia, ternyata Allah SWT juga menyembunyikan kemurkaan-Nya dalam kemaksiatan yang dilakukan oleh hambanya pula. Tujuan Allah menyembunyiakannya agar manusia menjauhi segala bentuk kemaksiatan dengan bersungguh-sungguh.

Oleh karenanya, tidak pantas bagi manusia meremehkan kemaksiatan walaupun sebesar biji sawi. Sebab bisa jadi, dari perbuatan kecil tersebut justru terletak murka Allah SWT yang dapat membuat kita terjerumus dalam api neraka kelak.

3. Allah menyembunyikan Lailatul Qadar di bulan Ramadan

Misteri selanjutnya yang Allah sembunyikan dalam kehidupan manusia adalah perihal malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Sebagaimana di sebutkan dalam hadits Nabi Saw, bahwa pahala ibadah di malam Lailatul Qadar nilainya lebih baik daripada 1000 bulan, itu sama dengan 83 tahun 4 bulan.

Baca Juga:  Nasehat Kyai Maimoen Zubair Bagi Kamu yang Ingin Menikah

Allah Swt menyembunyikan kapan terjadinya malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadan tujuannya adalah untuk melihat kesungguhan hamba-hamba-Nya dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.

4. Allah Menyembunyikan Para Wali-Nya di antara Manusia.

Tujuan Allah menyembunyikan para Wali-Nya adalah agar manusia saling menghormati dan tidak meremehkan orang lain. Oleh sebab itu, kita sebagai hamba yang beriman sudah sewajibnya menghargai semua orang.

5. Allah Menyembunyikan Kematian dalam Umur Manusia.

Kematian adalah kepastian yang misterius, jelas siapapun makhluk di dunia pasti akan mati namun kita tidak pernah tahu kapan terjadinya. Adapun tujuan Allah menyembunyikan kapan waktu kematian hamba-Nya adalah agar semua manusia senantiasa mempersiapkan diri, selalu tawakal dan bertaqwa dengan mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

6. Allah Menyembunyikan ‘Ash-Sholatul Wushta’.

Hal keenam adalah, misteri yang Allah sembunyikan dari manusia adalah ‘Ash-Sholatul Wushta’ atau shalat yang paling utama di dalam shalat lima waktu. Tujuannya adalah agar setiap orang muslim senantiasa memelihara semua shalat wajibnya dan tidak meremehkan satu di antaranya.

Baca Juga:  9 Kunci Pembuka Pintu Rezeki yang Perlu Kamu Tahu

Demikianlah enam misteri dalam kehidupan yang Allah sembunyikan dari manusia. Kita harus menyadari bahwa ada maksud dan hikmah di balik Allah menyembunyikan enam hal di atas. Dan yang jelas adalah, semuanya ditujukan untuk menambah keimanan dan keikhlasan kita dalam melaksanakan ibadah dan amalan kebaikan lainnya kepada sang Pencipta.

Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik