Gerak Cepat Banser Bekasi Bantu Warga Korban Banjir

Banser Bekasi

Pecihitam.org – Sejumlah wilayah di Jabodetabek dilanda bencana banjir sejak Rabu 1 Januari 2020 hingga Jumat hari ini, 3 Januari 2020.

Kota Bekasi merupakan salah satu wilayah yang terdampak parah. Saking parahnya, rumah warga dan sejumlah bangunan lain tidak bisa menghindari genangan air yang demikian deras.   

Menyikapi kondisi memprihatinkan yang melanda warga Bekasi korban banjir, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bergerak cepat dengan membantu para korban banjir.

Banser Tarumajaya menyalurkan bantuan di perkampungan wilayah yang terkena banjir di Desa Samudra Jaya.

Adapun bantuan yang diberikan yakni makanan siap saji dan evakuasi warga yang terdampak banjir dengan alat seadanya.  

Baca Juga:  Gus Yaqut Ungkap Alasan Mengapa Banser Disegani

Ketua PAC Ansor Tarumajaya, Iwan Setiawan menuturkan, bantuan tersebut disalurkan sejak Kamis, 2 Januari 2020, malam bersamaan dengan air yang mulai naik sejak petang. Bahkan saat menyalurkan bantuan, ketinggian air mencapai sedada orang dewasa. 

“Pemberian bantuan makanan siap saji dan evakuasi warga korban banjir ini sebagai nilai khidmah Ansor untuk masyarakat dan tentu saja warga yang tertimpa musibah,” kata Iwan, dikutip dari situs resmi NU, Jumat, 3 Januari 2020.

“Kami bergerak cepat menuju korban banjir dengan memberikan bantuan makanan instan dan mengevakuasi warga sebagai khidmah Ansor dan Banser untuk masyarakat dan NU,” sambungnya.

Menurutnya, saat seperti inilah setiap kalangan dituntut untuk menanggalkan kepentingan diri dan kelompok.

Baca Juga:  Cak Imin : NU Akan Memasuki Masa Keemasan

“Semua harus bersinergi dalam upaya memberikan yang terbaik agar para korban memperoleh bantuan yang diharapkan,” ujar Iwan.

“Semoga sedikit yang kami berikan akan meringankan beban warga dan juga akan menarik minat kalangan lain untuk juga membantu saudara kita yang sangat membutuhkan bantuna,” lanjutnya.

Iwan juga mengimbau kepada mereka yang diselamatkan dari bencana banjir hendaknya dapat berbagi kebahagiaan dan nikmat. Yakni mengirimkan bantuan berupa barang maupun uang yang telah disediakan oleh NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah nahdlatul Ulama atau LAZISNU.  

Pada kesempatan itu, pihaknya mengaku bangga karena para Ansor dan Banser langsung dapat diandalkan demi memberikan pelayanan yang dibutuhkan warga.

Baca Juga:  Video Ust Maaher Tuduh Kyai Said dan Habib Quraish Shihab Ahli Bid'ah

“Mereka langsung tanggap dan menyalurkan yang bisa diberikan kepada korban banjir,” ujarnya.

Tak hanya memberikan bantuan kepada warga, Ansor dan Banser juga mendatangi dan melakukan perbaikan di Pesantren Mamba’ul Qur’an Kampung Cabang Gelam Desa Samudra Jaya yang diasuh Kiai Akhfan Miladi. 

Muhammad Fahri