Hadits Shahih Al-Bukhari No. 335 – Kitab Tayammum

Pecihitam.org – Hadits Shahih Al-Bukhari No. 335 – Kitab Tayammum ini, Imam Bukhari memulai hadis ini dengan judul “Tayamum Dengan Satu Kali Pukulan (Tepukan)” hadis ini menceritakan kisah perjalanan Rasulullah saw bersama rombongannya, dan mereka berhenti istirahat karena sudah lelah dan hari mulai larut. Namun Nabi saw khawatir jika mereka tidur pada saat itu, mereka tidak mendapatkan salat shubuh akibat bangun kesiangan dan tidak mendapatkan air.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Hadis ini juga merupakan potongan dari hadis yang sudah dijelaskan pada pembahasan “Tanah dan debu yang baik” sekaligus menjadi penutup dari bab tayamum ini. Semoga bermanfaat. Keterangan hadist dikutip dan diterjemahkan dari Kitab Fathul Bari Jilid 2 Kitab Tayammum. Halaman 643-644.

بَاب حَدَّثَنَا عَبْدَانُ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا عَوْفٌ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ قَالَ حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ حُصَيْنٍ الْخُزَاعِيُّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى رَجُلًا مُعْتَزِلًا لَمْ يُصَلِّ فِي الْقَوْمِ فَقَالَ يَا فُلَانُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تُصَلِّيَ فِي الْقَوْمِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَصَابَتْنِي جَنَابَةٌ وَلَا مَاءَ قَالَ عَلَيْكَ بِالصَّعِيدِ فَإِنَّهُ يَكْفِيكَ

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 506 – Kitab Waktu-waktu Shalat

Terjemahan: Bab. Telah menceritakan kepada kami [‘Abdan] berkata, telah mengabarkan kepada kami [‘Abdullah] berkata, telah mengabarkan kepada kami [‘Auf] dari [Abu Raja’] berkata, telah menceritakan kepada kami [‘Imran bin Hushain Al Khaza’i], bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihat seorang menyendiri dan tidak ikut shalat bersama orang banyak, beliau lalu bertanya: “Wahai fulan, apa yang menghalangi kamu untuk shalat bersama orang-orang?” Maka orang itu menjawab: “Wahai Rasulullah, aku mengalami junub dan tidak ada air.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wajib bagi kamu menggunakan tanah dan itu sudah cukup buatmu.”

Keterangan Hadis: Hadits ini telah dibahas pada bab “Tanah (debu) yang baik ”. Dalam riwayat ini tidak dijelaskan secara tegas tentang “satu kali pukulan atau tepukan” pada waktu tayamum. Ada kemungkinan bahwa Imam Bukhari mengambil kesimpulan tersebut berdasarkan lafazh hadits yang tidak menyebutkan jumlah tertentu. Maka satu kali (pukulan) merupakan batas minimal dan yang wajib diyakini, wallahu a ‘lam.

Penututp

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 52 – Kitab Iman

Pembahasan mengenai tayamum ini memuat hadits-hadits yang sampai kepada Nabi SAW (marfu’) sebanyak 17 hadits, yang diulang berjumah 10 hadits, diantaranya ada dua hadits yang disebutkan tanpa silsilah periwayatannya (mu’allaq). Adapun hadits yang tidak diulang sebanyak 7 hadits, di antaranya satu hadits tanpa silsilah periwayatan.

Imam Muslim menukil semua hadits tersebut kecuali hadits Amru bin Ash yang disebutkan tanpa silsilah periwayatan. Dalam bab ini terdapat riwayat-riwayat yang berasal dari sahabat dan tabi’in sebanyak 10 riwayat. Di antaranya 3 riwayat dengan silsilah periwayatan yang bersambung, yakni fatwa Umar, Abu Musa dan lbnu Mas’ud.

Hal menarik yang dilakukan oleh Imam Bukhari, adalah beliau mengakhiri bab tayamum ini dengan menukil hadits yang berbunyi, فَإِنَّهُ يَكْفِيكَ (Karena sesungguhnya ia cukup bagimu). Hal ini sebagai isyarat bahwa hadits dan riwayat yang telah disebutkannya cukup bagi mereka yang merenungkan dan memahaminya. Hanya Allah SWT yang lebih mengetahui.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 288 – Kitab Haid
M Resky S