Hari Santri Nasional, PBNU Bakal Gelar Pembacaan 1 Miliar Sholawat Nariyah

Hari Santri

Pecihitam.org – Acara alam puncak Hari Santri Nasional 2019 akan digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan membacakan 1 miliar Sholawat Nariyah.

Pembacaan sholawat tersebut akan dilaksanakan pada Senin, 21 Oktober 2019, usai salat Isya.

Ketua Panitia Acara Misbahul Munir mengatakan, pembacaan sholawat itu bertujuan untuk meminta keberkahan Indonesia.

Terkait jumlah sholawat yakni sebanyak 1 miliar, ia menjelaskan bahwa 1 miliar itu mengartikan jumlah secara keseluruhan Sholawat Nariyah.

“Dalam Hari Santri ini PBNU akan melaksanakan kegiatan pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah yang akan dibacakan oleh seluruh warga NU di seluruh Indonesia, bahkan juga akan dilaksanakan oleh pengurus cabang NU yang ada di luar negeri,” ujar Misbahul, dikutip dari Detik, Jumat, 18 Oktober 2019.

Baca Juga:  Najwa Shihab Kaget Dengar Pengakuan Gus Baha Tak Punya WA

Pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah ini, kata Misbahul, sudah menjadi tradisi tiap hari santri nasional. Dengan alasan utamanya adalah meminta keberkahan dan kedamaian untuk bangsa dan negara.

“Tujuan dari ada kegiatan ini adalah tentu pertama mengharapkan berkah sekaligus memohon kepada Allah, berharap tentu agar bangsa ini selamat dari berbagai bencana, dan sekiranya Indonesia hidup damai dan menjadi negara yang penuh keberkahan dari Allah,” ungkapnya.

Alasan lainnya, lanjut Misbahul, juga untuk mendoakan pahlawan negara yang telah gugur. Misbahul mengatakan tradisi doa ini sekaligus untuk mengajak generasi penerus bangsa agar tak lupa akan jasa pahlawan.

“Kita punya tradisi mendoakan orang yang sudah wafat. Sehingga, hubungan antara yang hidup dan yang wakaf terus dibangun dengan tradisi kirim doa, jadi agar kita tidak melupakan jasa mereka,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sambut HSN 2019, Kiai Said Instruksikan Pengurus NU Ziarah ke Makam Pejuang NU
Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.