Ini Keutamaan Membaca Sepuluh Ayat Al-Quran di Malam Hari

Ini Keutamaan Membaca Sepuluh Ayat Al-Quran di Malam Hari

Pecihitam.orgMembaca Al-Quran adalah sebuah ibadah yang memiliki banyak keutamaan, pahala dan juga keberkahan. Membacanya pun tidak harus Khatam dalam satu waktu. Misalnya, cuma bisa membaca beberapa ayat saja setiap malam. Itu sudah sangat bagus dibandingkan tidak membaca sama sekali. Berikut penulis sebutkan keutamaan membaca sepuluh ayat Al-Quran khususnya di waktu malam.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Al-Qur-an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat dan merupakan pedoman hidup untuk kebahagiaan manusia dunia dan akhirat, petunjuk kepada jalan yang lurus, sekaligus menjadi salah satu bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Muhammad sebagai Rasulullah dan kebenaran Islam sebagai agama yang rahmatan lil’alamin.

Adapun keutamaan membaca sepuluh ayat Al-Quran di setiap malam, diantaranya adalah:

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 67; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Pertama, didoakan oleh malaikat hingga waktu Subuh.

Salah satu keutamaan membaca sepuluh ayat Al-Qur’an setiap malam adalah senantiasa didoakan Malaikat hingga subuh. Hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Darimi dari Ibrahim:

إِذَا قَرَأَ الرَّجُلُ الْقُرْآنَ نَهَارًا، صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ قَرَأَهُ لَيْلًا، صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ حَتَّى يُصْبِحَ

Jika seseorang membaca Al-Quran di waktu siang, maka malaikat mendoakannya hingga sore hari. Jika dia membaca Al-Quran di waktu malam, maka malaikat mendoakannya hingga waktu Subuh.

Kedua, Tidak Dianggap Lalai Terhadap Al-Qur’an

Seseorang yang membaca sepuluh ayat saja di waktu malam, maka ia tidak tercatat sebagai orang yang lalai membaca Al-Qur’an. Sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Darimi dari Tamim Al-Dari, dia berkata;

Baca Juga:  Tadabbur Surah Ali Imran Ayat 149-153; Terjemahan dan Tafsir

مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ فِي لَيْلَةٍ، لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ

Barangsiapa membaca sepuluh ayat Al-Quran pada suatu malam, maka dia tidak dicatat sebagai bagian dari orang-orang yang lalai.

Disebutkan pula dalam hadis yang lain yang bersumber dari Abdulllah Ibnu Umar, ia berkata

مَنْ قَرَأَ بِعَشْرِ آيَاتٍ، لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ

Barangsiapa membaca sepuluh ayat Al-Quran, maka dia tidak dicatat sebagai bagian dari orang-orang yang lalai.

Ketiga, Dicatat Sebagai Orang yang Shalat

Seseorang yang membaca sepuluh ayat saja di waktu malam, maka ia dicatat sebagai orang yang mengerjakan shalat. Sebagaimana hadis riwayat Imam Al-Darimi dari Tamim Al-Dari dan Fadhalah bin Ubaid, mereka berkata;

Baca Juga:  Hadits Tentang Keutamaan Membaca Al-Quran Dari Berbagai Riwayat

مَنْ قَرَأَ بِعَشْرِ آيَاتٍ فِي لَيْلَةٍ كُتِبَ مِنَ الْمُصَلِّينَ

Barangsiapa membaca sepuluh ayat Al-Quran di waktu malam, maka dia dicatat sebagai bagian dari orang-orang yang melaksanakan shalat.

Demikianlah beberapa keutamaan membaca Ayat Al-Qur’an setiap malam. Meski hanya membaca sepuluh ayat saja, namun keutamaannya sangat luar biasa. Wallahu a’lam

Allahummarhamnaa bil Qur’an

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.