Inilah Penyebab Perubahan Kelakuan Istri Akhir Zaman yang Patut Dihindari

Penyebab Perubahan Kelakuan Istri Akhir Zaman yang Patut Dihindari

Pecihitam.org – Salah satu faktor penyebab perubahan kelakuan istri akhir zaman adalah perubahannya zaman. Dengan perubahan tersebut berubah juga sifat, akhlak dan karakter seseorang khususnya bagi perempuan-perempuan yang sudah menikah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Tidak sedikit kita lihat kelakuan istri di akhir zaman seperti sekarang tidak punya moral dan akhlak lagi dalam kehidupan rumah tangga. Seperti yang sudah saya bahas dalam artikel-artikel saya sebelumnya, begitu banyak istri-istri yang durhaka kepada suami disebabkan karena terlalu mengikuti zaman.

Begitu banyak kita lihat perubahan kelakuan istri di akhir zaman ini karena terpengaruh dengan budaya barat, mereka tidak tau mana yang baik dan mana yang buruk. Itu semua juga karena mereka mengikuti hawa nafsu. Yang ada di dalam pikiran mereka hanya menikmati kesenangan saja seperti budaya hidup dunia barat.

Berbagai macam kelakuan istri di akhir zaman, mereka tidak patuh dan taat lagi kepada suami. Ada yang bertingkah laku jahat, sering membuat keributan, tidak beradab dan sopan kepada suami, berbicara kasar, ada yang berselingkuh dengan laki-laki lain, bahkan ada yang meminta cerai dari suaminya. Kenapa bisa seperti itu?

Baca Juga:  Adab Menjenguk Orang Sakit Menurut Anjuran Rasulullah

Tidak lain kalau bukan karena jahilnya ilmu agama. Mereka tidak tau itu semua adalah dosa besar yang dapat menghantarkan mereka ke dalam neraka jahannam. Kalau kita hidup dalam konteks agama, tidak akan pernah ada kejadian seperti itu.

Penyebab juga perubahan sikap seorang istri zaman sekarang kerena kebanyakan menonton film-film yang dapat merusak moral, akhlak dan karakter manusia.

Menonton boleh-boleh saja!, tetapi kita harus punya filter (saringan) cara menontonnya. Jangan mengambil contoh yang tidak baik dari tontonan kita tersebut. Ambilah contoh-contoh baik yang dapat menjadikan ilmu dan pelajaran bagi kita. Atau nontonlah film-film islami, dakwah dan tausiah agama kerena disitu banyak sekali ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Pada zaman sekarang, banyak perempuan yang tidak takut lagi kepada Allah swt. Mereka keluar rumah untuk bermain-main dan bersenang-senang pada suatu tempat baik itu di darat maupun di laut dan tidak memelihara diri dari laki-laki ajnabi (bukan mahram).

Laki-laki yang ada di sekitarnya memandang tubuhnya, wajahnya, tangannya atau kakinya. Dan begitu juga para perempuan itu memandang anggota laki-laki tersebut, apakah suami ada bersamanya atau tidak, atau yang belum bersuami. Artinya saling pandang-memandang dengan sengaja dan ada syahwat. Dimana itu semua sangat dilarang dalam Agama Islam. Maka istri seperti itu dilaknat oleh Allah swt dan Rasul-Nya, serta segala Malaikat hingga ia kembali pulang ke rumahnya.

Baca Juga:  3 Adab Utama Saat Bencana Dalam Islam, Ini Yang Harus Kita Lakukan

Bagi laki-laki dan perempuan jika memandang sesuatu yang haram yang dilarang dalam agama seperti yang telah disebutkan di atas, maka Allah swt membakar mata mereka dengan bara api neraka Jahannam.

Rasulullah saw pernah bersabda:

مَنْ مَلَأَ عَيْنَهُ مِنَ الحَرَامِ مَلَأَ اللهُ عَيْنَهُ مِنْ جَمْرِ جَهَنَّمَ

Artinya:

Barangsiapa yang penuh matanya dengan memandang yang haram maka Allah swt memenuhi matanya dengan bara api neraka jahannam.

Tidak ada yang lebih diperintahkan dan yang lebih baik seoarang istri kecuali istri yang duduk di dalam rumahnya, beribadah kepada Allah, memelihara farajnya, dan mematuhi (taat) kepada suaminya. Dengan sebab itu, masuklah ia ke dalam syurga, seperti yang telah tersebut dalam hadis-hadis sebelumnya.

Rasulullah saw juga pernah bersabda;

segala burung yang terbang di angin, ikan yang di dalam air, malaikat yang di langit, matahari dan bulan meminta ampun kepada istri yang mematuhi suaminya selama istri itu berstatus milik suaminya.

Kepada para wanita bertaubatlah sebelum datangnaya azab Allah swt. Jangan terpengaruh dengan perubahan zaman, jangan tertarik kepada budaya barat. Padamkanlah nafsu syaitani (nafsu syaitan) yang dapat merusak akhlak, moral dan karakter kalian.

Baca Juga:  Bacalah Basmalah Setiap Memulai Suatu Pekerjaan Agar Menjadi Lebih Berkah

Hidup modern boleh, asalkan tidak menyalahi dengan syariat agama Islam dan tatap dalam konteks karakter wanita shalihah. Sebagaimana Rasulullah saw pernah bersabda:

“sesungguhnya dunia ini keindahan dan tidak ada keindahan di dunia ini yang lebih baik daripada seoarang wanita shalihah.” (HR. Ibnu Majah)

Wallahu a’lam

Disarikan Dari: Kitab Muhimmah (kitab yang disamping kitab al-Yawaqib wa al-Jawahir), hal. 26-27.

Mehri Andani MB