Inilah Salah Satu Bentuk Sedekah Terbaik Menurut Islam

Bentuk Sedekah Terbaik Menurut Islam

Pecihitam.org – Sedekah terbaik menurut Islam tentunya banyak disebutkan dalam al-Qur’an maupun dari hadis-hadis Rasulullah saw. pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang sifat sedekah yang diterima oleh Allah swt yaitu sedekah yang diperoleh dari hasil usaha yang halal, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimanakah sedekah terbaik menurut Islam?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun sedekah terbaik menurut Islam salah satunya disebutkan oleh hadis nabi saw. yaitu sedekah yang mendapatkan balasan atau pahala yang besar:

حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا قَالَ أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا وَلِفُلَانٍ كَذَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانٍ

Terjemahannya :

Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata,: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu’alaihiwasallam dan berkata,: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab: “Kamu bersedekah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan”. (HR. Imam Bukhari).

Baca Juga:  Inilah Tiga Hal yang Dapat Menghilangkan Pahala Sedekah

Pada hadis di atas seorang bertanya kepada Rasulullah saw. tentang sedekah yang paling besar pahalanya ditandai dengan redaksi matan hadis أَعْظَمُ أَجْرًا.

Sedekah terbaik menurut Islam salah satunya adalah sedekah yang mendapatkan pahala yang besar dan salah satu bentuk sedekah yang termasuk mendapatkan pahala yang besar adalah sedekah yang menguras banyak energi atau perjuangan yang berat dalam menaklukkan diri sendiri untuk bersedekah.

Dijelaskan dalam kitab Mannaar al-Qaarii Syarhu Mukhtashar Shahiih al-Bukhaarii bahwa makna hadis di atas adalah sedekah yang banyak pahalanya yaitu sedekah yang seseorang berikan di waktu sehat dan sempurna kekuatan jasmaninya, sedangkan orang tersebut juga sangat bersemangat dalam pengembangan kesejahteraannya, mengharapkan kekayaan, takut pada kefakiran, serta rasa cintanya yang mendalam kepada hartanya,

Baca Juga:  Bolehkah Menyedekahkan Sesuatu yang Masih Dibutuhkan Menurut Ajaran Islam?

Maka jika seorang tersebut bersedekah ketika berada pada posisi tersebut, maka sedekahnya itu mendapatkan sebesar-besarnya balasan karena apa yang terdapat didalamnya merupakan perjuangan diri, dan perlawanan terhadap naluri sifat kikir, dan Allah telah memuji orang yang berbuat demikian berdasarkan firmannya dalam al-Qur’an surah al-Insan ayat 8:

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا

Terjemahannya :

Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.

Adapun Makna kata  وَلَا تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ yaitu janganlah kamu tunda sampai ruhmu berada di tenggorokan dan kamu mulai berpisah dengan tubuhmu. Karena ketika tubuh sudah kehilangan ruh maka seorang tersebut telah kehilangan kesempatan untuk bersedekah.

Adapun maksud قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا yaitu seorang yang berwasiat dengan  hartanya dengan orang-orang, karena meskipun wasiat tersebut disyariatkan hanya saja bersedekah di waktu sehat lebih utama karena harta disisinya telah menjadi warisan ketika dia telah meninggal.

Baca Juga:  Bagaimana Pahala Bersedekah Kepada Anak Yatim Dalam Islam?

Hadis tersebut menunjukkan bahwa bersedekah di waktu sehatnya seseorang lebih utama dari wasiat, dan bahwa wasiat itu boleh itu juga disyariatkan.

Demikianlah salah satu sedekah terbaik menurut Islam berdasarkan hadis nabi saw. dan pasti masih banyak lagi bentuk sedekah terbaik menurut Islam. Untuk itu sebagai seorang muslim hendaknya selalu rajin dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan banyak membaca. Wallahu a’lam.

Khalil Nurul Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *