Kabar Wafatnya Mbah Moen Jadi Trending Topic di Twitter, Netizen Berduka

Mbah Moen

Pecihitam.org – Kabar meninggalnya KH Maimun Zubair (Mbah Moen) di Tanah Suci Mekkah menaruh duka bagi banyak umat muslim di Indonesia, tak terkecuali netizen.

Perbincangan soal  berpulangnya Mbah Moen ini telah viral di berbagai media sosial sejak Selasa pagi, 6 Agustus 2019.

Bahkan saat ini, kabar tentang meninggalnya Tokoh Nadhlatul Ulama ini menjadi trending topic di Twitter. Hastag “Mbah Moen” telah menembus angka 39,3 ribu cuitan.

Koordinator Umum Sekretariat Nasional (Seknas) Jaringan Gusdurian, Alissa Qathrunnada Munawaroh atau Alissa Wahid dalam cuitannya di akun Twitter miliknya, @AlissaWahid, mengungkapkan perasaan sedihnya atas berpulangnya Mbah Moen.

Cuitan Aliisa Wahid tersebut telah disukai sebanyak 2,6 ribu warganet dan dikomentari 61 orang, serta  di-retwit sebanyak 1,1 ribu kali.

Baca Juga:  Warga Nahdliyyin Jepang baca Yasin, Tahlil dan doa untuk Mbah Maimoen

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’uun. Sugeng tindak, Mbah Moen. Walaupun airmata saya tak juga berhenti, saya yakin Mbah berbahagia karena berpulang di tempat yang Mbah cintai. Semoga Allah SWT menempatkan Mbah di tempat yang terbaik.. lahu alfatihah…” cuit putri sulung Gus Dur ini lewat akun Twitternya.

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dalam twit-nya mengisahkan pertemuan terakhir dengan Mbah Moen pada 22 Juni 2019.

Dalam pertemuan di acara resepsi pernikahan putra Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh di Yogyakarta itu, Mbah Moen membisikkan sesuatu kepada Mahfud.

“Sy ingin menyampaikan hal penting, mau ya? Kata Mbah Moen di acr di Yogya itu. ‘Ya, Mbah”, jawab sy. Kemudian beliau berbicara serius setengah berbisik sampai agak lama. Tangan sy dipegang kuat spt dicengkeram. Sy jd rikuh krn waktu itu bnyk yg antre mau sungkem ke beliau,” tulis Mahfud MD di cuitan Twitternya, @mohmahfudmd, Selasa, 6 Agustus 2019.

Baca Juga:  Cek Fakta: Mobil Dinas Wapres Ma'ruf Amin Disebut Isi Bensin Eceran di Pinggir Jalan

Diketahui, Mbah Moen meninggal dunia di usia 91 tahun saat sedang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Almarhum lahir di Rembang, Jawa Tengah, 28 Oktober 1928. Mbah Moen tak hanya dikenal publik sebagai ulama. Ia juga tercatat sebagai seorang politikus.

Sebelum wafat, almarhum menjabat sebagai Mustasyar PBNU ‎termasuk juga sebagai Ketua Majelis Syariah PPP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.