Keluarga Sakinah, Baca Dan Lakukan Ini Jika Mau Harmonis

Keluarga Sakinah, Baca Dan Lakukan Ini Jika Mau Harmonis

PeciHitam.org – Kelurga sakinah diartikan sebagai keluarga yang harmonis dimana nilai-nilai Islam selalu ditegakkan dan saling menghormati serta saling menyanyangi satu sama lain antar anggota keluarga.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Di dalam keluarga yang sakinah anggota keluarga mampu menjalankan kewajiban masing-masing dan saling membantu satu sama lain, juga mengerti satu sama lain sehingga jika terjadi konflik keluarga maka akan bisa diselesaikan dengan baik.

Dasar dari keluarga sakinah ialah ketaqwaan kepada Allah SWT. Sehingga siapapun yang hendak menikah agar bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT serta memilih pasangan hidup yang juga bertakwa dan beriman kepada-Nya.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً  وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ  إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak, dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim, sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa 4:1)

Baca Juga:  Kehujjahan Hikmah Sebagai Sandaran dari Penetapan Hukum Qashar Shalat

Kata sakinah dalam Al-Qur’an diartikan sebagai ketenangan hati atau rasa tentram, jadi keluarga sakinah adalah dimana setiap anggota keluarga memiliki ketenangan hati dan tidak ada konflik maupun keraguan.

Adapun cara membangun keluarga sakinah sesuai dengan ajaran Islam ialah sebagai berikut:

  • Memilih dan menikahi pasangan yang baik.

Hal pertama yang dilakukan ketika seseorang ingin membangun keluarga sakinah adalah memilih pendamping hidup yang baik untuk menikah, dan maksud dari memilih pasangan yang baik yaitu diartikan sebagai memilih pasangan yang baik agama dan budi pekertinya.

  • Saling pengertian satu sama lain.

Dalam membangun keluarga yang sakinah setiap anggota keluarga harus saling mengerti dan berusaha membantu satu sama lain, karena Rasa cinta dan saling pengertian akan menghindarkan terjadinya kesalah pahaman dan konflik dalam keluarga yang sering berakibat pada perceraian.

  • Saling mengingatkan satu sama lain.
Baca Juga:  Adab Malam Pertama bagi Pengantin Baru, Jomblo Jangan Baca!

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah maka jika ingin membangun keluarga yang sakinah setiap anggota keluarga harus saling mengingatkan dan menasehati dalam hal kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan cara yang baik.

  • Menjalankan kewajiban satu sama lain.

Untuk membangun keluarga sakinah maka satu sama lain harus dapat menjalankan kewajibannya dengan baik dan memenuhi hak-haknya.

  • Saling percaya satu sama lain.

Dasar dari suatu hubungan adalah kepercayaan dan oleh sebab itu untuk membangun keluarga yang sakinah maka harus saling mempercayai dan harus bisa menjaga kepercayaan.

Berikutnya adalah beberapa tips singkat keluarga sakinah yang bisa dicoba di kehidupan sehari-hari:

  • Memilih suami dan istri dengan pertimbangan yang tepat yaitu berdasarkan kriteria ajaran Islam.
  • Hubungan berlandaskan ketakwaan kepada Allah SWT.
  • Saling mencintai satu sama lain dengan penuh kasih sayang.
  • Pengertian antara suami istri dan anak-anak baik dalam hal apapun.
  • Menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing tanpa mempermasalahkan hal tersebut.
  • Saling menghargai satu sama lain baik dalam segi apapun.
  • Menjaga kepercayaan satu sama lain sebagai dasar ikatan suatu hubungan.
  • Perbanyak bersyukur kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang diberi dan tentukan.
  • Dekatkan diri pada Allah SWT agar di jauhkan dari hal-hal yang menyebabkan perselisihan.
  • Kompak dalam mendidik anak dengan saling membantu dan saling support demi terbentuknya anak yang saleh dan salehah.
  • Selesaikan masalah bersama-sama tanpa saling menyalahkan satu sama lain.
Baca Juga:  Adab Mandi Wajib Bagi Seorang Muslim

Demikianlah dasar, cara dan tips untuk membangun serta mencapai keluarga yang sakinah bagi setiap orang yang akan ataupun sedang merintis sebuah keluarga yang Islami. Terima kasih

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.