Klarifikasi Sekretariat Wapres Soal Mobil Dinas Kiai Ma’ruf Amin Kehabisan Bensin

Pecihitam.org – Viral video yang memperlihatkan mobil dinas Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin berhenti di pinggir jalan. Dalam narasi video itu disebutkan mobil Wapres tersebut kehabisan bensin.

Dilihat dari video yang beredar, Sabtu, 11 Juli 2020 mobil Mercy hitam berpelat merah berbendera merah putih itu tengah diisi bensin eceran dengan menggunakan jeriken.

Dalam video juga tampak sejumlah warga sekitar menyaksikan pemandangan yang jarang terjadi tersebut.

Sementara di sekeling mobil dinas Wapres Ma’ruf Amin itu, tampak sejumlah Paspampres tengah berjaga.

Terkait video viral tersebut, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar membantah kabar yang menyebut bahwa mobil Wapres itu tengah diisi bensin eceran.

Baca Juga:  Soal Reshuffle Kabinet, Tengku Zul: Sudah Mau Runtuh, Dicegah Pakai Bambu

Oemar menjelaskan, mobil itu bukanlah sedang diisi bensin eceran, melainkan Paspampres tengah mengisi bensin cadangan ke mobil Wapres tersebut.

Hal itu dilakukan Paspampres lantaran SPBU setempat tidak memiliki bahan bakar dengan kriteria sesuai spesifikasi mobil Wapres.

“Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” kata Oemar lewat keterangan tertulisnya kepada awak media, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu, 11 Juli 2020.

Setiap rangkaian VVIP, kata Oemar, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

“Hal ini ditujukan, ketika diperlukan pengisian BBM namun tidak tersedia bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil Wapres di SPBU setempat,” ujarnya.

Baca Juga:  Pelaku Penginjak Alquran di Garut Ditangkap, PBNU: Tindak Tegas Sesuai Hukum

Adapun video viral tersebut, kata Oemar, terjadi saat Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat pada 8 Juli lalu.

Oemar menceritakan, saat itu Wapres Ma’ruf Amin tidak ada di mobil tersebut karena sedang meninjau SMAN 4 dalam persiapan New Normal bersama Mendikbud Nasdiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi,” ujarnya.