Manfaat Air Wudhu, Salah Satunya Dapat Menggugurkan Dosa

manfaat air wudhu

Pecihitam.org – Wudhu adalah salah satu amalan yang punya banyak manfaat. Orang yang terbiasa menjaga wudhu menjadi pribadi yang lebih tenang. Selain itu, wudhu juga bisa meredam amarah dan membuat awet muda. Tapi, benarkah bahwa manfaat air wudhu adalah bisa menggugurkan dosa?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pertanyaan di atas terjawab dalam sebuah hadis. Hadis ini menjelaskan bahwa salah satu amalan yang disebut Rasulullah Saw dapat menggugurkan dosa adalah wudhu. Berikut ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tentang salah satu manfaat air wudhu yang dapat menggugurkan dosa:

 عنْ أبي هريرة أنَّ رسولَ اللَّه ﷺ قَالَ: إذَا تَوضَّأَ الْعبْدُ الْمُسْلِم، أَو الْمُؤْمِنُ فغَسلَ وجْههُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خطِيئةٍ نظر إِلَيْهَا بعينهِ مَعَ الْماءِ، أوْ مَعَ آخِر قَطْرِ الْماءِ، فَإِذَا غَسَل يديهِ خَرج مِنْ يديْهِ كُلُّ خَطِيْئَةٍ كانَ بطشتْهَا يداهُ مَعَ الْمَاءِ أَو مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْماءِ، فَإِذَا غسلَ رِجليْهِ خَرجَتْ كُلُّ خَطِيْئَةٍ مشَتْها رِجْلاُه مَعَ الْماءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ حَتَّى يخْرُج نقِياً مِنَ الذُّنُوبِ رواه مسلم.

Baca Juga:  Keutamaan Shalat Dhuha, Salah Satu Sebab Terbukanya Pintu Rezeki

Artinya: “Dari Abu Hurairah Ra, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda, “Jika seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, kemudian membasuh wajahnya maka keluarlah dari wajahnya tersebut semua dosa yang dilakukan pandangan matanya bersamaan dengan tetesan air terakhir, jika ia membasuh tahngannya maka keluarlah dari tangannya semua dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan tetesan air terakhir, jika ia membasuh kedua kakinya maka keluar semua dosa yang berasal dari langkah kakinya, hinga dia keluar dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR. Muslim)

Selain hadis tersebut, Utsman bin Affan juga menerangkan dalam riwayat lain bahwa salah satu manfaat air wudhu bahkan bisa menghapus dosa-dosa yang tersembunyi di balik kuku-kuku jemari seorang Muslim atau Muslimah. Dosa yang dimaksudkan Utsman bin Affan adalah dosa-dosa kecil yang disengaja maupun yang tidak.

Baca Juga:  Mengapa Kita Memperingati Hari Kelahiran Nabi, Bukan Hari Wafatnya?

Dalam riwayat lain, keluarnya dosa yang menetes bersamaan dengan akhir tetesan air wudhu adalah makna majaz dari ampunan Allah Swt. Berikut pemaparan Ibnu ‘Arabi dalam ‘Aridhah al-Ahwadzi dalam hadis ini:

Dijelaskan bahwa Allah Swt menetapkan ampunanNya hanya untuk orang yang melaksanakan amalan bersuci dengan sempurna, yakni orang yang membasuh semua anggota wudhu dengan merata keseluruh permukaan kulit. Sehingga, dosa yang diampuni pun digambarkan keluar bersamaan dengan tetesan terakhir dari air wudhunya.

Imam Suyuthi juga menjelaskan dalam Kitab Quut al-Mughtadzi. Ia memaparkan bahwa arti dosa keluar dari setiap anggota wudhu yang terbasuh air wudhu adalah makna hakiki. Menurut Imam Suyuthi, setiap dosa akan memberikan bekas hitam dalam hati dan jiwa seseorang meski anggota tubuh yang melakukan dosa tersebut. Maka, meskipun berwudhu adalah aktivitas membasuh anggota tubuh secara ragawi, tapi itulah yang menghilangkan dosa yang menghitamkan hati dan jiwa.

Baca Juga:  Menjaga Diri dari Maksiat Menurut Imam Al Ghazali

Meski banyak manfaat wudhu yang telah dijelaskan dalam hadis dan para ulama, kita tetap harus tetap meluruskan niat dengan berwudhu lantaran Allah Swt semata. Ini berlaku baik untuk wudhu saat akan shalat, wudhu sebelum tidur, dan wudhu dengan tujuan-tujuan lainnya.

Sebab, jika kita telah meluruskan niat ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan imbalan dari Allah Swt, Insya Allah manfaat wudhu akan terasa sendiri dalam raga dan jiwa kita, tanpa perlu mengharapkannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Wallahu A’lam.

Ayu Alfiah