Terbukti Ilmiah, Inilah Empat Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

manfaat puasa bagi kesehatan

Pecihitam.org,- Ketika beberapa orang beranggapan bahwa puasa hanya akan membuat tubuhnya lemah, tak berdaya atau malah akan membuat dirinya sakit-sakitan mengingat tak ada makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh selama seharian penuh.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Tentu anggapan ini sangatlah keliru, sebab aktivitas puasa sendiri selain bernilai pahala, ternyata dalam segi medis juga terbukti bahwa puasa punya manfaat penting bagi kesehatan jasmani. Ini berarti bahwa dengan berpuasa maka kesehatan jasmani kita sebagai manusia akan terjaga,

Maka tak heran jika saran para dokter untuk menghindari penyakit berat seperti diabetes, membuang racun dalam tubuh sampai mengurangi berat badan yang menurut sebagian orang sangat sulit, ternyata solusi dari semua itu ialah dengan berpuasa.

Berikut adalah manfaat terkait pentingnya puasa bagi kesehatan jasmani:

1. Puasa akan Memperlancar Fungsi Pencernaan dan Menjaga Kelebihan Makanan

Mengapa dikatakan bahwa dengan berpuasa akan memperlancar pencernaan? Ini lagi lagi karena aktivitas asupan makanan yang masuk dalam tubuh terkontrol dengan baik. Dan secara simultan puasa dapat menyeimbangkan fungsi organ tubuh dengan cara mengistirahatkan alat pencernaan yang setiap saat dipakai untuk menerima asupan makanan dari luar.

Selain itu, tentu puasa juga menjaga agar tidak terjadi kelebihan makanan yang masuk dalam tubuh, yang jikalau saja itu terjadi tentu sangat berdampak bagi kesehatan tubuh seperti kegemukan sampai pada gangguan dalam kelancaran berpikir. Sebagaimana yang dilakukan oleh para peneliti Amerika bahwa ternyata dengan puasa akan berdampak positif bagi kinerja otak.

Baca Juga:  Pentingnya Mengajarkan Bakti Kepada Orang Tua Pada Anak Sejak Usia Dini

2. Melindungi dari Penyakit Diabetes

Penyakit inilah yang tiada henti menyerang mereka yang terlalu banyak makan, dan tentu penyakit diabetes bukanlah penyakit biasa yang bisa dipandang sepele, karena faktanya ada banyak angka kematian yang dihasilkan dari penyakit ini. Namun siapa sangka? Ternyata puasa adalah salah satu obat mujarabnya,

Sebagaimana dalam tinjauan medis mengatakan bahwa ketika seseorang berpuasa, maka kadar gula dalam tubuhnya akan berkurang bahkan sampai ukuran minimalnya. Catatan penting dari penyataan ini tentu berdampak pada pangkreas yang jikamana angka gula itu minim maka dia (Pankreas) dapat beristirahat sejenak dalam segala aktivitas.

Begitupun dengan insulin dengan segala peredarannya akan mempengaruhi zat gua dalam darah. Sehingga ketika kasus berbalik, yakni jikalau ada banyak makanan yang masuk dalam tubuh setiap saat, maka pankreas pun bertambah dalam memproduksi insulin sehingga kelenjar kelenjar itu akan selalu berat menjalankan beban.

Akibatnya, kadar gula bertumpuk dalam darah sehingga secara perlahan akan memunculkan penyakit gula (Diabetes). Maka tak heran untuk memelihara pankreas agar tetap sehat ialah dengan berpuasa secara teratur dan seimbang.

Baca Juga:  Perbuatan Baru yang Dilakukan Sahabat dan Disepakati Oleh Nabi

3. Mengurangi Berat Badan

Inilah masalah banyak orang, ketika berusaha keras untuk mengurangi berat badan atau menghilangkan perut buncit, maka jalannya ialah dengan mencari alat atau obat yang dapat menghilangkan masalah tersebut dengan cara cepat.

Padahal dengan berpuasa, tentu akan mengurangi berat badan dengan cara yang alami bahkan Rasulullah saw., telah mencontohkan perihal tersebut, hanya saja kadang terlalu banyak orang yang malah sebaliknya.

Yakni usai menjalankan puasa selama sebulan penuh (Puasa Ramadhan) ternyata berat badan semakin bertambah, memandang hal ini tentu ada yang salah, yakni berada pada asupan makanan ketika sahur dan saat berbuka.

Padahal Rasulullah saw., sendiri telah menjadi contoh dalam hal ini yang ketika sahur dan hendak berbuka dengan menu kurma dan makanan lainnya dengan porsi yang tidak banyak, sepatutnya kita pun mencontoh hal tersebut,

Bukan malah mengisi perut saat sahur dengan porsi yang banyak begitupun pada saat berbuka, karena hal ini tidak hanya berdampak pada proses pencernaan tetapi juga pada perihal ibadah.

Untuknya, agar berat badan dapat turun dengan cara yang tepat tanpa ada efek samping seperti yang banyak ditampilkan oleh obat obatan, maka jalannya ialah dengan berpuasa, paling tidak puasa senin kamis dengan asupan makan yang tidak berlebihan, baik saat sahur maupun pada saat berbuka.

Baca Juga:  Qailulah Amalan Tidur Sebentar Untuk Menambah Kesegaran Seharian

4. Mengobati Penyakit dan Membuang Racun

Manfaat lain dari puasa bagi kesehatan ialah dengannya maka racun dalam tubuh akan terbuang, dan ini dapat dibuktikan dengan secara logis yang bahwasanya ketika setiap hari air yang kita minum mengandung lebih dari dua ratus logam dan bahan racun, tentu ini akan berdampak pada kekebalan tubuh yang mengantarkan kita mudah terserang penyakit.

Sehingga jalannya ialah berpuasa, karena dengannya tentu akan mengendalikan racun atau zat zat yang tidak mendukung terhadap kekebalan tubuh, adapun disisi lain bahwa dengan berpuasa pastinya akan memelihara ataupun membersihkan sel sel tubuh secara seimbang sehingga sistem mekanis yang bekerja tidak kewalahan dalam menghadapi gempuran jenis racun dari tubuh kita.

Demikian, semoga bermanfaat!

Rosmawati