Nama Lain Surah Al Fatihah yang Belum Banyak Diketahui Umat

nama lain surah al fatihah

Pecihitam.org – Ketika kita membuka mushaf al-Qur’an maka akan kita temukan di halaman pertama dari al-quran, sebuah surah yang berjumlah 7 ayat berdampingan dengan surah al-Baqarah, surah itu lebih populer dengan nama surah al-fatihah. Akan tetapi ternyata ada nama lain dari Surah al Fatihah yang mungkin sebagian besar Umat Islam belum mengetahuinya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pertama, nama al-Fatihah (الفاتحة) itu sendiri, kata al-Fatihah berakar kata dari فتح (fataha) yang berarti membuka, pada al-Quran yang tersusun berdasarkan tartibnya bukan berdasarkan yang paling terdahulu diturunkan, karena surah ini merupakan pembuka terhadap kitab kalam ilahi yang teramat agung dan luhur ini.

Kedua adalah Ummul Kitab ( أم الكتاب ), dinamakan ummul kitab karena kandungan dari surah al-Fatihah ini mengandung dasar-dasar atau pokok isi dari kandungan al-Qur’an. Karena pada surah al-Fatihah terdapat pujian kepada Allah, penghambaan kepada Allah meliputi perintah dan larangan-Nya, permohonan petunjuk atau hidayah serta ketetapan dalam iman, informasi umat terdahulu, golongan yang mendapatkan kebahagiaan, dan golongan yang mendapatkan kesengsaraan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Rahasia dan Keutamaan Surat Al Fatihah yang Jarang Diketahui

Maka atas dasar inilah sehingga dinamakan surah al-fatihah dengan ummul kitab atau induknya al-Qur’an. Seperti halnya di dalam kitab tafsir Ruhul Ma’ani disebutkan al-Qur’an yang mengandung empat masalah pokok:

وهذه جملة المعاني القرآنية إجمالا مطابقة والتزاما وأبسط من هذا أن يقال: إنها مشتملة على أربعة أنواع من العلوم التي هي مناط الدين «الأول» علم الأصول ومعاقده معرفة الله تعالى وصفاته وإليها الإشارة بقوله رَبِّ الْعالَمِينَ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ ومعرفة النبوات وهي المرادة بقوله تعالى أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ والمعاد المؤمى إليه بقوله تعالى: مالِكِ يَوْمِ الدِّينِ «الثاني» علم الفروع وأسه العبادات وهو المراد بقوله إِيَّاكَ نَعْبُدُ وهي بدنية ومالية وهما مفتقران إلى أمور المعاش من المعاملات والمناكحات ولا بد لها من الحكومات فتمهدت الفروع على الأصول. «الثالث» علم ما به يحصل الكمال وهو علم الأخلاق وأجله الوصول إلى الحضرة الصمدانية والسلوك لطريقة الاستقامة في منازل هاتيك الرتب العلية وإليه الإشارة بقوله إِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اهْدِنَا الصِّراطَ الْمُسْتَقِيمَ «الرابع» علم القصص والإخبار عن الأمم السالفة السعداء والأشقياء وما يتصل بها من الوعد والوعيد وهو المراد بقوله تعالى أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Baca Juga:  Corak Islam Kejawen dalam Kitab Wirid Hidayat Jati

Yang kesimpulannya bahwa yang pertama, adalah Ilmu Ushul dan Ma’rifatullah (mengenal Allah), Kenabian, dan hari pembalasan. Yang kedua, Ilmu Furu’ (cabang) dan pokok ibadah. Yang ketiga, ilmu akhlak, dan yang keempat adalah ilmu kisah dan berita umat terdahulu yang mendapatkan kebahagiaan dan yang mendapatkan kesengsaraan.

Nama lain dari surah al-Fatihah yang ketiga adalah al-Sab’ul Matsaanii (السبع المثاني) tujuh ayat yang berulang karena tujuh ayat tersebut selalu berulang dalam shalat, orang yang shalat akan membaca surah al-Fatihah di seluruh rakaatnya.

Terdapat suatu riwayat yang menunjukkan penafsiran sahabat terhadap surah al-Hijr ayat 87:

وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي

Terjemahnya:

“dan sungguh kami telah memberikanmu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang”

Baca Juga:  Bacaan Takbiran Malam hari Raya Idul Fitri Lengkap dengan Keutamaannya

Ayat diatas tersebut kata سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي ditafsirkan sebagai surah al-Fatihah karena merupakan 7 ayat yang disepakati oleh para qari’ dan ulama.

Selain  dari ketiga nama diatas Imam al-Qurthubi telah menyebutkan dalam kitabnya al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an bahwa surah al-fatihah setidaknya memiliki dua belas nama, diantaranya adalah al-Syifaa’ (الشفاء), al-Waafiyah (الوافية), dan al-Asaas (الأساس), al-Hamdu (الحمد) dan masih banyak lagi disebutkan di kitabnya.

Dan bahkan dalam kitab al-Alusi yaitu Ruhul Ma’ani bahwa para ulama sampai menyebutkan hingga dua puluh nama dari surah al-fatihah.

Demikianlah beberapa nama lain dari surah al-Fatihah, Wallahu a’lam.

Khalil Nurul Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published.