NU Pastikan Kondisi Warga Nahdliyin di Lebanon Aman Pasca Ledakan Dahsyat

Pecihitam.org – Ledakan hebat di Kota Beirut, Lebanon pada Selasa, 4 Agustus 2020 mengejutkan masyarakat dunia, tak terkecuali warga di Indonesia.

Ledakan dahsyat tersebut melululantahkan gedung-gedung di sekitar lokasi kejadian.

Menurut laporan Kantor Berita Resmi Lebanon, NNA, ledakan tersebut ditimbulkan akibat kebakaran yang terjadi di gudang pelabuhan Beirut.

“Sebuah gudang di Pelabuhan Beirut terbakar dan menyebabkan ledakan besar, yang bergema di ibukota dan pinggiran kota, dan meninggalkan kerusakan besar pada bangunan-bangunan di sekitarnya dan sejumlah besar yang terluka,” demikian rilis NNA, Selasa, 4 Agustus 2020.

Menanggapi insiden tersebut, Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Lebanon Hamid Hodir memastikan seluruh Nahdliyin yang ada di ibukota tersebut dalam kondisi aman.  

Baca Juga:  NU Berduka, Kiai Imam Habibul Haramain Meninggal Dunia

“Alhamdulillah Kang, teman-teman PCINU yang berada di Beirut aman,” ujar Hamid, Selasa 4 Agustus 2020 seperti dikutip dari laman NU Online.

“Mereka tengah berada di dalam rumah masing-masing sehingga saat ini aman,” sambungnya.  

Kendati demikian, pihaknya tetap memohon doa agar WNI warga Nahdliyin di Lebanon dalam kondisi sehat wal afiat.

“Mohon doanya mawon (saja), Kang,” ujar Hamid yang juga merupakan mahasiswa Pascasarjana fi Universitas Daawa Beirut, Lebanon.

Selain itu, Hamid juga meminta agar masyarakat Indonesia yang berada di Beirut untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu dan tetap tenang, serta menjaga diri.  

“Untuk teman-teman yang berada di kota Beirut harap tidak keluar rumah dulu. Tetap tenang, hati-hati, dan jaga diri,” ujarnya.

Baca Juga:  KPNU Kota Makassar Gelar Halaqah Aswaja di Masjid Agung 45
Muhammad Fahri