PCNU Banjar Salurkan Bantuan Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

Pecihitam.org – Menyikapi wabah pandemi Covid-19, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banjar melalui Satgas NU Banjar Peduli mulai membagi-bagikan sembako ke berbagai tempat di wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa, 14 April 2020, untuk kalangan warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19.

Beberapa hari sebelumnya, Satgas NU Banjar Peduli telah menyemprotkan disinfektan dan menyebarkan masker dan hand sanitizer juga ke sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar.

Sebelum mulai bergerak, Satgas NU Banjar Peduli terlebih dahulu dilepas secara simbolik oleh Rais Syuriah, KH. Muhammad Fadlan Asy’ari, dan Ketua Tanfidziyah PCNU Banjar, Nuryadi Baseri, S.Ag di gedung PCNU Banjar, Martapura.

Dalam sambutannya pada acara pelepasan tersebut, Nuryadi Baseri menyampaikan terimakasih kepada para donatur yang telah menyampaikan sumbangan melalui Satgas NU Banjar Peduli.

Baca Juga:  Disebut Sebagai Pengikut ISIS, Pelaku Penusukan Wiranto Dituntut 16 Tahun Penjara

“Mudah-mudahan aksi kepedulian ini setidaknya dapat meringankan beban masyarakat kita yang tengah dilanda dampak wabah Corona ini,” ujarnya.

Nuryadi yang merupakan alumni Ponpes Al-Falah Banjarbaru Kalimantan Selatan juga menyampaikan terimakasih kepada Satgas NU Banjar Peduli.

“Terimakasih pula kepada Satgas NU Banjar Peduli Covid-19 yang siang-malam sibuk melakukan tugas mulia ini,” ucapnya.

Sampai saat ini Satgas NU Banjar Peduli telah mengumpulkan dana kurang-lebih Rp48 juta. Dana tersebut di antaranya telah dipergunakan untuk membeli sembako, membeli hand sanitizer dan melakukan penyemprotan disinfektan.

PCNU Banjar juga telah bekerja sama dengan siswa-siswi SMKN 1 Martapura untuk membuat dan memproduksi masker kain dengan menggunakan dana dari masyarakat tersebut.

Baca Juga:  Di Gubuk Ini Banyak Lahir Santri Handal Pembaca Kitab Kuning
PCNU Banjar lakukan penyemprotan disinfektan

Sementara itu, Ketua Satgas NU Banjar Peduli, Gusti Marhusin, menyampaikan kegembiraannya karena timnya dapat saling bersinergi dengan baik di tengah situasi sulit ini.

“Saya bersyukur tim Satgas ini saling berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik, sehingga mulai hari ini kami bisa mulai membagikan sembako kepada masyarakat yang telah kami rencanakan dengan baik siapa yang turun dan sasaran mana yang akan dituju,” paparnya.

Pembagian sembako dilakukan secara door to door ke rumah masing-masing warga yang disasar. Cara tersebut, menurut Gusti Marhusin yang juga Lurah Sekumpul, Martapura, dilakukan agar masyarakat tetap berada di rumah dan aksi berjalan sesuai imbauan pemerintah.

“Kami berharap seluruh masyarakat, terutama warga Nahdliyyin tetap mematuhi imbauan pemerintah dan tetap berada di rumah saja,” imbuhnya.

Baca Juga:  Eks Teroris Sebut Aceh Sebagai Wilayah yang Paling Dilirik Kelompok Radikal

(Kontributor: Ramadhani)

Muhammad Fahri