Si Jago Merah Hanguskan Pesantren Terbesar di Polewali Mandar, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Pecihitam.org – Kebakaran hebat yang diduga dipicu oleh hubungan pendek arus listrik meluluhlantahkan Pondok pesantren terbesar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Al-Ikhlas Lampoko.

Kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu (18/1/2020) malam. Awal mula api menyambar salah satu ruangan, kemudian dengan cepat dengan cepat membakar ruangan lainnya. Namun begitu kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Apinya muncul pertama kali dari salah satu ruangan kantor dan merembet ke ruangan lain di sekitarnya. Waktu kejadian semua santri sedang shalat magrib,” kata Pembina Ponpes Al-Ihklas Lampoko, Imran Ado. Dikutip dari media Kompas, Ahad (19/1/2020).

Awalnya api dipadamkan secara manual oleh ratusan santri bersama warga, namun, mereka mengalami kesulitan memadamkan api lantaran tak ada sumber air yang cukup dekat dari lokasi.

Kemudian datang sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Api baru dapat dikuasai tiga jam kemudian.

Untuk diketahui Pondok pesantren Ponpes Al-Ihklas Lampoko merupakan yang terbesar di Polewali Mandar. Santri yang mondok dan menimba ilmu sekitar 1.000-an.

Baca Juga:  Kemenag Maros Serahkan Bantuan dari Baznas untuk Warga Terdampak Covid-19
Adi Riyadi