Sikapi Ceramah Viral UAS, Quraish Shihab: Meski Tak Salah, Saya Akan Minta Maaf

Quraish Shihab

Pecihitam.org – Polemik ceramah viral UstadzAbdul Somad (UAS) terkait Salib yang dinilai menistakan agama, mendapat respon dari sejumlah pihak. Tak terkecuali cendikiawan muslim ilmu Al Quran, Quraish Shihab.

Quraish Shihab tak mempersoalkan  alasan Ustaz Abdul Somad yang tidak mau meminta maaf lantaran tak merasa bersalah menyinggung salib lewat ceramahnya. Namun, ia mengaku akan meminta maaf bila hal itu terjadi kepada dirinya.

“Meski tidak salah, tidak ada yang tersinggung, saya akan minta maaf,” kata Quraish Shihab saat ditemui di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, dikutip dari Muslim Moderat, Senin, 26 Agustus 2019.

Mantan Menteri Agama RI itu juga menyoroti adanya pelaporan di kepolisian dari banyak orang karena merasa dirugikan dengan ceramah UAS yang menyinggung salib.

Baca Juga:  UAS Nyatakan Drama Korea Kafir, Ulama NU: Jangan Sembrono Bikin Hukum Haram

Quraish Shihab  menyarankan sebaiknya permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

“Perlu duduk bersama, mencari titik temu. Saya yakin bahwa muslim atau agama apapun selalu bisa bertemu. Jadi duduklah bersama, bertemu, saling maaf memaafkan, saling meminta maaf,” ujarnya.

Ia pun tidak ingin menanggapi adanya sebagian pihak yang membandingkan kasus UAS dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang terjerat kasus penistaan agama pada 2017.

“Tidak semua persoalan dapat dibandingkan. Ada faktor-faktor yang tidak menyertainya di sini, menyertainya di sana. Biarlah yang sudah-sudah, ya sudahlah. Ahok sudah legowo. Iya kan,” terangnya.

“Jangan sampai terulang hal yang sama. Ucapan itu terserah dari masing-masing. Dari saya, saya anggap berlebihan,” harapnya.

Baca Juga:  Putusan MA, UAS dan Mellya Resmi Cerai Secara Hukum Negara
Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.