Surah Al-Isra Ayat 25; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Isra Ayat 25

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Isra Ayat 25 ini, mengisyaratkan dalam keadaan kedua orang tua sudah berumur lanjut dan berada dalam pemeliharaanmu, boleh jadi suatu waktu engkau berbuat kesalahan, secara tidak sengaja atau karena terpaksa. Dalam keadaan demikian itu, ketahuilah bahwa tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik dan tulus mengasihi kedua orang tuamu dan berbakti kepada keduanya dengan sepenuh hatimu.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Mohonlah ampun kepada tuhanmu, maka sungguh, dia maha pengampun bagi orang-orang yang bertobat dan menyertainya dengan berbuat kebaikan.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Isra Ayat 25

رَّبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا فِي نُفُوسِكُمْ إِن تَكُونُوا صَالِحِينَ فَإِنَّهُ كَانَ لِلْأَوَّابِينَ غَفُورًا

Terjemahan: Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat.

Baca Juga:  Surah Al-Isra' ayat 86-89; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: رَّبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا فِي نُفُوسِكُمْ (Rabb kalian lebih mengetahui apa yang ada dalam hati kalian) apa yang terpendam di dalamnya berupa perasaan berbakti dan menyakiti إِن تَكُونُوا صَالِحِينَ (jika kalian orang-orang yang baik) taat kepada Allah,

فَإِنَّهُ كَانَ لِلْأَوَّابِينَ (maka sesungguhnya Dia kepada orang-orang yang bertobat) orang-orang yang kembali kepada Allah dengan berbuat taat kepada-Nya غَفُورًا (Maha Pengampun) terhadap apa yang telah mereka lakukan sehubungan dengan hak-hak kedua orang tua, yaitu berupa perbuatan yang menyakitkan lalu dengan segera mereka bertobat dan tidak akan berbuat yang menyakitkan lagi kepada keduanya.

Tafsir Ibnu Katsir: Dan firman-Nya: فَإِنَّهُ كَانَ لِلْأَوَّابِينَ غَفُورًا (Maka sesungguhnya Dia Mahapengampun bagi orang-orang yang bertaubat) Qatadah mengemukakan: “Yakni bagi orang-orang yang taat dari kalangan orang-orang yang mengerjakan shalat.” Sedangkan sebagian ulama lainnya berkata: “Awwaabiin ialah orang-orang yang mengerjakan shalat Dhuha.”

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 58; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Syu’bah menceritakan dari Yahyaebin Sa’id, dari Sa’id bin al-Musayyab, mengenai firman Allah ini ia mengatakan: “Awwaabiin ialah orang-orang yang berbuat dosa lalu bertaubat, dan berbuat dosa, lalu bertaubat.” Demikian juga yang diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dan Ma’mar.

Tafsir Kemenag: Allah swt lalu memperingatkan kaum Muslimin agar benar-benar memperhatikan urusan berbakti kepada kedua ibu bapak dan tidak menganggapnya sebagai urusan yang remeh. Dijelaskan bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang tergerak dalam hati mereka, apakah benar-benar berbakti kepada kedua ibu bapak dengan rasa kasih sayang dan penuh kesadaran, ataukah hanya pernyataan lahiriah saja,

sedangkan di dalam hati mereka sebenarnya durhaka dan membangkang. Itulah sebabnya, Allah menjanjikan bahwa apabila mereka benar-benar berbuat baik, yaitu benar-benar menaati tuntutan Allah dan berbakti kepada kedua ibu bapak, maka Dia akan memberikan ampunan kepada mereka atas perbuatan yang melampaui batas-batas ketentuan-Nya. Allah Maha Pengampun kepada siapa saja yang mau bertobat dan kembali menaati perintah-Nya.

Baca Juga:  Surah Al-Mu'minun Ayat 1-11; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Isra Ayat 25 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S