Surah Al-Maidah Ayat 109; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 109

Pecihitam.org – Surah Al-Maidah Ayat 109 ini mengandung pemberitahuan mengenai dialog Allah SWT dengan para Rasul-Nya pada hari Kiamat, yakni tentang jawaban umat-umat mereka yang telah diutus para rasul kepada mereka.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-Maidah Ayat 109

يَوْمَ يَجْمَعُ اللَّهُ الرُّسُلَ فَيَقُولُ مَاذَا أُجِبْتُمْ ۖ قَالُوا لَا عِلْمَ لَنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ

Penjelasan ayat: Ingatlah! يَوْمَ يَجْمَعُ اللَّهُ الرُّسُلَ (hari di saat Allah mengumpulkan para rasul) yaitu pada hari kiamat فَيَقُولُ (lalu Allah bertanya) kepada mereka dengan nada mencela yang ditujukan kepada kaum mereka مَاذَا (Apa) yang أُجِبْتُمْ (jawaban kaummu terhadap seruanmu?) tatkala kamu mengajak mereka kepada ketauhidan

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 29-30; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

قَالُوا لَا عِلْمَ لَنَا (Para rasul menjawab, “Tidak ada pengetahuan kami) tentang hal tersebut إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ (sesungguhnya Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.”) hal-hal yang tidak bisa dijangkau oleh pengetahuan hamba-hambaNya dan gaib di mata mereka oleh sebab ketakutan yang mereka alami pada saat hari kiamat yang membuat mereka kaget. Lalu para rasul tersebut menjadi saksi terhadap umat mereka masing-masing ketika umat mereka diam seribu bahasa.

Jika memperhatikan Dialog tersebut di atas, maka kita bisa melihat bagaimana jawaban para Rasul dengan ungkapan yang sangat bagus, dan merupakan bentuk dari sopan santun berinteraksi dengan Allah SWT.

Jawaban tersebut dimaksudkan bahwa “Kami tidak memiliki ilmu sama sekali jika dibandingkan dengan ilmu-Mu yang meliputi segala sesuatu. Walaupun kami menjawab dan mengetahui siapa yang menanggapi kami saat di dunia, kami hanya mampu melihat lahiriyahnya saja namun tidak mengetahui batinnya, sedangkan Engkau mengetahui segala sesuatu, yang mengawasi segala sesuatu.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 105; Seri Tadabbur Al Qur'an

Oleh sebab itu, dibandingkan dengan ilmu-Mu, seakan-akan Kami tidak memiliki ilmu sama sekali. إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ (“Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghaib”)

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah sama-sama mempelajari kandungan dari Al Qur’an Surah Al-Maidah Ayat 109, dengan merujuk pada Tafsir Jalalain. Semoga menambah khazanah keilmuan Al Qur’an kita serta semakin meningkatkan keimanan kita kepada Allah dan Kitab-Nya. Aamiin