Surah At-Taubah Ayat 128-129; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 128-129

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 128-129 ini menyebutkan bahwa Allah SWT telah melimpahkan nikmat-Nya kepada orang-orang mukmin melalui seorang rasul yang diutus oleh­Nya dari kalangan mereka sendiri.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ayat terakhir surah At-Taubah ini bermaksud untuk menghibur hati Nabi Muhammad Saw dan seluruh mukmin, dengan mengatakan bahwa jika sebagian masyarakat berpaling dari kebenaran meninggalkan kalian, maka janganlah kalian khawatir. Karena kalian memiliki Tuhan yang menguasai seluruh alam semesta.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 128-129

Surah At-Taubah Ayat 128
لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Terjemahan: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

Tafsir Jalalain: لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ (Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri) dari kalangan kalian sendiri, yaitu Nabi Muhammad saw. عَزِيزٌ (berat terasa) dirasa berat عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ (olehnya apa yang kalian derita) yaitu penderitaan kalian, yang dimaksud ialah penderitaan dan musibah yang menimpa diri kalian

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 70-72; Seri Tadabbur Al-Qur'an

حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ (sangat menginginkan bagi kalian) hidayah dan keselamatan بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ (lagi terhadap orang-orang mukmin amat belas kasihan) sangat belas kasihan رَحِيمٌ (lagi penyayang) ia selalu mengharapkan kebaikan bagi mereka.

Tafsir Quraish Shihab: Wahai manusia, telah datang kepada kalian seorang rasul dari jenis manusia yang bentuknya sama seperti kalian. Ia merasa sedih melihat penderitaan yang kalian rasakan. Ia berusaha keras untuk memberi petunjuk kepada kalian, dan sangat mengasihi dan menyayangi orang-orang Mukmin.

Surah At-Taubah Ayat 129
فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Terjemahan: Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung”.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 55; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: فَإِنْ تَوَلَّوْا (Jika mereka berpaling) dari iman kepadamu فَقُلْ حَسْبِيَ (maka katakanlah, “Cukuplah bagiku) maksudnya cukup untukku اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ (Allah; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal) percaya dan bukan kepada selain-Nya

وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ (dan Dia adalah Rabb yang memiliki Arasy) yakni Al-Kursiy الْعَظِيمِ (yang agung.”) Arasy disebutkan secara khusus karena ia makhluk yang paling besar.

Imam Hakim di dalam kitab Al-Mustadrak meriwayatkan sebuah atsar yang bersumber dari Ubay bin Kaab, bahwasanya Ubay bin Kaab telah mengatakan, “Ayat yang diturunkan paling akhir ialah firman-Nya, ‘Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul.'” (Q.S. At-Taubah 128-129). Kedua ayat akhir surah At-Taubah itulah ayat yang paling terakhir diturunkan.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 42; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Apabila mereka menolak untuk beriman kepadamu, Muhammad, maka janganlah kamu bersedih dengan keadaan mereka itu. Berbanggalah dengan Tuhanmu dan katakan, “Cukuplah Allah bagiku, yang tidak ada Tuhan melainkan Dia. Kepada-Nyalah aku bertawakkal. Dan Dialah Pemilik kerajaan dan Tuhan alam semesta serta Pemilik kekuasaan yang agung.”

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 128-129 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga bermanfaat dan semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah. Amin

M Resky S