Surah Yunus Ayat 13-14; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yunus Ayat 13-14

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yunus Ayat 13-14 ini menyatakan bahwa sekalipun Allah telah memberikan kesempatan dan batas waktu bagi orang-orang yang berbuat dosa, dan Dia tidak menghancurkan dunia mereka. Allah memperlakukan masyarakat yang telah menanggung kezaliman tidak sama, tapi pada akhirnya setiap pelaku kezaliman akan dihancurkan

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yunus Ayat 13-14

Surah Yunus Ayat 13
وَلَقَدْ أَهْلَكْنَا الْقُرُونَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَمَّا ظَلَمُوا ۙ وَجَاءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ وَمَا كَانُوا لِيُؤْمِنُوا ۚ كَذَٰلِكَ نَجْزِي الْقَوْمَ الْمُجْرِمِينَ

Terjemahan: Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat kezaliman, padahal rasul-rasul mereka telah datang kepada mereka dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata, tetapi mereka sekali-kali tidak hendak beriman. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa.

Tafsir Jalalain: وَلَقَدْ أَهْلَكْنَا الْقُرُونَ (Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat) generasi-generasi مِنْ قَبْلِكُمْ (yang sebelum kalian) hai penduduk Mekah لَمَّا ظَلَمُوا (ketika mereka berbuat kezaliman) yaitu dengan melakukan kemusyrikan

وَجَاءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ (padahal) sungguh (telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata) bukti-bukti yang menunjukkan kebenaran risalah mereka وَمَا كَانُوا لِيُؤْمِنُوا (tetapi mereka sekali-kali tidak hendak beriman) kalimat ayat ini di’athafkan pada lafal لَمَّا ظَلَمُوا.

Baca Juga:  Surah Nuh Ayat 5-20; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

كَذَٰلِكَ (Demikianlah) seperti yang telah Kami binasakan mereka نَجْزِي الْقَوْمَ الْمُجْرِمِينَ (Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa) yaitu orang-orang kafir.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah mengabarkan tentang apa yang telah terjadi pada kaum-kaum terdahulu, dalam kedustaan mereka terhadap apa yang dibawa oleh para Rasul, berupa keterangan-keterangan dan bukti-bukti yang nyata. Kemudian Allah menguasakan generasi setelah mereka atas kaum itu dan mengutus Rasul untuk melihat sejauh mana mereka mentaati dan mengikutinya.

Dalam Shahih Muslim, dari hadits Abi Nadhrah, dari Abu Sa’id, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

“Sesungguhnya dunia itu adalah manis dan hijau, dan sesungguhnya Allah menguasakannya kepadamu, maka Ia melihat bagaimana kamu beramal, maka takutlah akan dunia dan perempuan, karena sesungguhnya fitnah yang pertama kali menimpa Bani Israil adalah (fitnah) perempuan.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 93-95; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kalian karena kekufuran mereka, ketika rasul-rasul mereka datang kepada mereka dan membawa bukti-bukti nyata yang menunjukkan kebenaran dakwah mereka kepada keimanan.

Sesuai dengan ilmu Allah–yang mengetahui bahwa mereka tetap bersikeras dalam kekufuran dan kedurhakaan–mereka tidak akan beriman. Maka ambillah pelajaran, wahai orang-orang kafir Quraisy, bahwa sebagaimana Kami telah membinasakan orang-orang sebelum kalian Kami juga akan memberikan balasan bagi orang-orang jahat dengan membinasakan mereka.

Surah Yunus Ayat 14
ثُمَّ جَعَلْنَاكُمْ خَلَائِفَ فِي الْأَرْضِ مِنْ بَعْدِهِمْ لِنَنْظُرَ كَيْفَ تَعْمَلُونَ

Terjemahan: Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.

Tafsir Jalalain: ثُمَّ جَعَلْنَاكُمْ (Kemudian Kami jadikan kalian) hai penduduk Mekah خَلَائِفَ (pengganti-pengganti) lafal خَلَائِفَ adalah bentuk jamak dari lafal khaliifah

فِي الْأَرْضِ مِنْ بَعْدِهِمْ لِنَنْظُرَ كَيْفَ تَعْمَلُونَ (di muka bumi sesudah mereka supaya Kami memperhatikan bagaimana kalian berbuat) di muka bumi; apakah kalian mau mengambil pelajaran dari umat-umat terdahulu itu sehingga kalian mau percaya kepada rasul-rasul Kami.

Baca Juga:  Surah Az-Zumar Ayat 60-61; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Kemudian Kami menjadikan kalian, wahai umat Muhammad, sebagai khalifah di bumi yang membangunnya setelah orang-orang terdahulu itu, untuk menguji kalian dan menampakkan pada kalian apa yang akan kalian pilih untuk diri kalian–ketaatan ataukah kedurhakaan–setelah kalian mengetahui apa yang terjadi atas orang-orang sebelum kalian.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yunus Ayat 13-14 berdasarkan Tafsir Jalalain, dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky S