Tiga Nikmat Allah yang Harus Disyukuri Karena Tak Ternilai Harganya

nikmat allah yang harus disyukuri

Pecihitam.org – Selama kita hidup, tidak ada satu detik pun yang terlewat dari nikmat Allah Swt dari mulai nikmat iman, islam, kesehatan, kebahagiaan, keluarga dan banyak kenikmatan lainnya yang tidak akan ada habisnya jika kita sebut satu persatu. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus pandai dalam mensyukuri segala nikmat yang telah di anugerahkan Allah Swt untuk kita.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebagaimana Allah Swt yang memerintahkan hamba-Nya untuk bersukur di dalam Surat Ibrahim ayat 7 sebagai berikut,

ولنسكننكم الأرض من بعدهم ذلك لمن خا مقامي وخاف وعيد

“Barang siapa yang bersyukur atas nikmat yang telah Aku (Allah) berikan, maka akan aku tambahkan nikmat itu kepadanya. Namun, barang siapa yang kufur nikmat, maka ingatlah bahwa siksa Allah itu amat pedih.” (QS. Ibrahim: 14).

Dari sekian banyaknya nikmat Allah Swt untuk kita, berikut ini setidaknya 3 nikmat yang harus disyukuri, sebab nikmat ini tak akan pernah tergantikan dan tak ternilai.

1. Nikmat hidup

Nikmat Allah pertama yang harus disyukuri adalah kita masih di berikan kesempatan untuk hidup dan menikmati seluruh fasilitas yang di berikan Allah Swt di dunia ini seperti udara, air, matahari dan seluruh kenikmatan yang ada di alam semesta-Nya dengan cuma-cuma, alias gratis.

Baca Juga:  6 Sifat Ahli Neraka Yang Patut Diwaspadai

Tidak hanya manusia , tetapi seluruh makhluk-Nya termasuk hewan dan tumbuhan juga di berikan kenikmatan untuk hidup dan juga di jamin rezekinya oleh Allah Swt sebagaimana yang telah di jelaskan dalam Surat Hud ayat 6 berikut,

وما من دابة في الأر الا على الله رزقها كل في كتاب مبين

“Dan tidak ada satu makhluk hidup pun di muka bumi ini melainkan Allah menjamin rezekinya.”

Allah Swt menjamin rezeki hambanya yang selalu berusaha dan bersyukur baik itu orang kaya ataupun orang miskin. Sehingga kita tidak perlu khawatir untuk bertahan hidup di karenakan takut tidak mampu mencukupi kebutuhan atau yang lain sebagainya. Bahkan seekor burung sekalipun yang terbang di pagi hari dalam keadaan lapar namun sore harinya kembali ke sarang dengan keadaan yang sudah kenyang.

2. Nikmat kemerdekaan (kebebasan)

Manusia memang makhluk Allah yang sempurna karena di berikan akal dan nafsu sehingga manusia dapat berkreasi dan melakukan apapun yang di kehendakinya selama tidak menyalahi aturan syariat. Berbeda dengan tumbuhan dan binatang yang mereka hanya melakukan rangkaian kegiatan begitu-begitu saja.

Baca Juga:  Mau Istri yang Sempurna? Pilihlah Perempuan yang Punya Ciri Ini

Sebagaimana dalam Surat Asy-Syam di sebutkan sebagai berikut,

فألهمها فجورها وتقواها * قدأفلح من زكها* وقدخاب من دساها*

“Allah telah mengilhamkan kepada jiwa manusia itu dua kecenderungan yaitu jalan kefasikan dan jalan ketakwaan. Sesungguhnya beruntung orang yang mensucikan jiwanya. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.”

Inilah bedanya manusia dengan makhluk lain, karena manusia di berikan akal yang dapat mengontrol nafsu sehingga mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk.

3. Nikmat hidayah

Setiap orang pasti berharap termasuk dalam manusia pilihan Allah Swt yang di berikan hidayah akan tetapi nikmat hidayah hanyalah Allah Swt berikan kepada manusia pilihan yang senantiasa beriman dan bertakwa serta selalu menjaga hubungannya dengan Allah Swt. sebagaimana yang di sebutkan dalam Surat Al-An’am ayat 88 berikut,

Baca Juga:  Catatan Kecil Seorang Santri untuk Umat Islam Menghadapi Wabah Corona

ذلك هدى الله يهدي منيشاء من عباده وللو أشركوالحبط عنهم ما كنوا يعملون

“Itulah petunjuk Allah. Dia memberi petunjuk kepada siapa saja yang di kehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya.”

Beruntung sekali jika termasuk dalam orang-orang pilihan Allah Swt yang mendapatkan hidayah, karena akan selalu di lindungi dari perbuatan maksiat dan di lindungi dari orang-orang yang dzalim.

Jadi, itulah tiga nikmat Allah Swt yang harus disyukuri oleh manusia yaitu Nikmat hidup, nikmat kemerdekaan (kebebasan), nikmat hidayah. Namun, tidak hanya nikmat-nikmat yang telah di sebutkan di atas saja yang harus kita syukuri, karena masih banyak sekali nikmat yang Allah Swt berikan untuk kita dan tak terhitung jumlahnya. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik