Viral Kue Klepon Disebut Tak Islami, Diduga Hoaks

Pecihitam.org – Publik Tanah Air baru-baru ini dihebohkan dengan kabar yang menyebut kue khas nusantara, Kue Klepon, tidak Islami.

Adapun unggahan berupa poster dan foto yang menyebut kue tersebut tidak Islami menyebar dengan cepat di sejumlah media sosial tanpa diketahui darimana asal sumbernya.

Diduga, postingan tersebut dibuat orang tak bertanggungjawab untuk menyudutkan salah satu pihak.

Sekedar diketahui, Kue Klepon berbentuk bundar berlapis kelapa parut dengan baku tepung beras dan isian gula merah.

Bagi warga Makassar, kue itu akrab dikenal dengan nama Onde-Onde.

Dalam poster yang marak beredar, tertulis kalimat “Kue Klepon Tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami.”

Baca Juga:  Gus Bahit Sukseskan Gerakan Ro'an Akbar di Pandeglang

Melansir Terkini.id, Selasa, 21 Juli 2020, di pencarian tools Google Image diketahui foto yang digunakan dalam poster yang beredar itu bersumber dari sebuah artikel di situs resepkoki.co yang diposting pada 2008 silam.

Dalam penulusuan google image, diketahui postingan tersebut pertama kali diterbitkan oleh website suaraislam.co lewat artikel berjudul “Astaghfirullah! Kelompok Ini Sebut Kue Klepon Tidak Islami dan Harus Dijauhi”.

Postingan tersebut mengutip status seorang netizen bernama Islah Bahrawi.

Sementara, dari penelusuan twitter, postingan tersebut pertama kali disebar oleh pemilik akun @Irenecutemom.

Berdasarkan hal itu, maka informasi yang menyebut Kue Klepon tidak Islami tersebut diduga informasi palsu alias hoaks dan masuk dalam kategori false flag atau tindakan yang dilakukan dengan maksud menyamarkan sumber tanggung jawab yang sebenarnya dan menyalahkan pihak kedua.

Baca Juga:  Pola Akun Penyebar Kue Klepon Tak Islami: Sengaja Posting, Bagikan Lalu Hapus
Muhammad Fahri