Ini Alasan Menag Putuskan Tak Gelar Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Pecihitam.org – Shalat Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi di Masjid Istiqlal telah diputuskan tak akan digelar pihak Kementerian Agama (Kemenag). Hal itu disampaikan langsung Menag Fachrul Razi.

Menag mengatakan, keputusan tersebut diambil oleh pihaknya setelah mencermati perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

“Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijriah,” kata Menag, Kamis 9 Juli 2020 seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia pun memutuskan hal itu dengan pertimbangan kesehatan di masa pandemi saat ini.

Alasan lainnya, kata Fachrul, yakni lantaran Masjid Istiqlal saat ini masih dalam proses renovasi. Proses tersebut sudah memasuki tahap finalisasi.

Diketahui, dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban, Menag sudah mengeluarkan surat edaran dengan Nomor 18 tahun 2020 tentang penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban tahun 1441 atau 2020 masehi menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Baca Juga:  Dijuluki 'Profesor', Ini Sosok Pendiri dan Pemimpin Baru ISIS

Dalam surat edaran itu disebutkan pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban tetap harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.