Bacaan dan Teks Lengkap Doa Keluar Rumah Sesuai Ajaran Rasulullah

Bacaan dan Teks Lengkap Doa Keluar Rumah Sesuai Ajaran Rasulullah

PeciHitam.org – Pada pembahasan kali ini akan dijabarkan secara singkat bagaimana doa keluar rumah yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita. Ada beberapa riwayat yang membahas tentang doa ini, diantaranya akan kita ulas dalam penjelasan dibawah ini.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pada umumnya kita keluar rumah tidak hanya ingin menghirup udara segar, akan tetapi juga ada kewajiban untuk mencari nafkah (apabila pemimpin keluarga). Terkadang juga keluar rumah untuk berpiknik ria dan menikmati keindahan ciptaan Allah swt. Seperti saat keluar rumah untuk mendaki gunung atau ke pantai. Setidaknya kita selalu mengingat Allah tidak hanya disaat diluar rumah tapi juga saat hendak keluar rumah.

Berikut doa keluar rumah;

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Adapun dalam versi lain:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Baca Juga:  Hukum Dzikir Berjamaah Dalam Tinjauan al-Quran dan Hadis

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.” (Lihat: Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Al-Hidayah, Surabaya)

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ketika keluar rumahpun kita dianjurkan untuk berdoa supaya memantapkan hati dan membuka harapan-harapan baru baik dalam usahanya maupun kelancaran rezekinya dikarenakan keluar rumah untuk mencari rezeki. Tentu saat keluar rumah kita dianjurkan untuk memohon keselamatan diri dari segala bentuk bahaya di luar rumah.

Akan tetapi ketika rezeki lagi susah dan penghidupan lagi sempit, ada baiknya kita menambahkan doa keluar rumah dengan doa yang telah diajarakan oleh Rasulullah SAW sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA sebagai berikut.

Baca Juga:  Inilah Amalan Ringan untuk Raih Seribu Kebaikan dalam Sehari

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Dengan doa ini, kita berharap kepada Allah untuk membuka pintu-pintu rezeki di luar rumah. Kita juga memohon kepada-Nya untuk memberikan ketenteraman batin kita di tengah kondisi kritis dalam hal keuangan atau segi finansial.

Baca Juga:  Akhiri Setiap Perkumpulan dengan Selalu Membaca Doa Penutup Majelis, Berikut Faedahnya!

Riwayat diatas telah disebutkan oleh Imam An-Nawawi dan dapat kita lihat dalam karyanya Al-Adzkarul Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar, yang biasa disebut Al-Adzkar.

Kesimpulan yang bisa kita petik, dalam setiap aktifitas kita, alangkah baiknya untuk selalu berdoa terlebih dahulu. Selain memohon kelancaran, menurut penulis doa juga mempunyai keutamaan dalam urusan berserah diri kepada Allah swt. Yang mengatur semua pergerakan di dunia ini. Semoga bermanfaat.

Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.