Ini Doa dan Tips Agar Mudah Meningkatkan Konsentrasi, Cobalah Amalkan!

Doa dan Tips Agar Mudah Meningkatkan Konsentrasi

Pecihitam.org – Ketika banyak agenda serta pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersamaan, tak jarang membuat seseorang pusing  dan tertekan. Akibatnya, pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal akibat kurang fokus dalam menjalankannya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Alih-alih menjadi selesai, fokus pikiran yang terganggu dapat menyebabkan pekerjaan menjadi berantakan dan tidak terkendali. Hampir semua orang pernah mengalami tidak fokus dalam mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu.

Apalagi di saat seseorang sedang berpuasa, pasti tubuh akan terasa lemah dan lemas. Sehingga tak jarang orang mengeluhkan sulitnya berkonsentrasi pada saat itu.

Namun, pada dasarnya, kemampuan memfokuskan pikiran merupakan kemampuan yang dapat dilatih keberadaanya. Melatih daya fokus pada dua hal yang berbeda adalah sesuatu yang sulit dilakukan.

Oleh karena itu, harus dilakukan latihan secara berkala kemudian diikuti dengan doa kepada Allah SWT. Ada beberapa latihan dan doa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi.

Pertama, seseorang harus mampu mengatur prioritas waktunya.

Kebanyakan orang sulit berkonsentrasi dikarenakan kesulitan mengatur waktunya. Misalnya mereka kesulitan menentukan mana dulu  yang harus dikerjakan antara tugas dengan kegiatan.

Baca Juga:  Inilah Lafadz Doa Untuk Orang Sakit dan Hal yang Perlu Diketahui Tentang Sakit

Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah membuat skala prioritas waktu. Karena dengan hal itu, niscaya dapat menambah konsentrasi dan mengurangi stress akibat beban pekerjaan berlebih.

Manajemmen waktu adalah kunci dalam melatih tingkat konsentrasi anda. Dalam hal ini, dapat dilakukan dengan mendahulukan hal-hal yang tidak disenangi terlebih dahulu kemudian baru mengerjakan hal-hal yang disukai. Dengan begitu, beban berlebih dari hal-hal yang dibenci dapat terlepas dengan cepat.

Kedua, gunakanlah sedikit waktu untuk beristirahat.

Terkadang orang memilih untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Padahal tubuh juga memerlukan waktu yang cukup untuk beristirahat agar dapat bekerja secara maksimal. Kemudian membatasi gangguan yang ada, misalnya  mendengarkan musik untuk meredam gangguan yang ada di sekitar ruangan.

Ketiga, mengkonsumsi air putih secara cukup.

Kurangnya meminum air putih dapat menyebabkan gangguan pada konsentrasi otak, karena air putih dianggap sebagai zat yang berfungsi sebagai pencegah dehidrasi agar konsentrasi tidak buyar. Selain itu, cobalah mengkonsumsi buah-buahan yang cukup untuk menambah stamina dan vitamin pada tubuh.

Baca Juga:  Doa Bulan Rajab yang Diajarkan dalam Hadits Nabi Muhammad Saw

Keempat, kebanyakan orang menganggap berolahraga hanya sebagai hal remeh dan membuat badan menjadi lelah. Namun dibalik semua itu, olahraga berpengaruh besar terhadap kinerja konsentrasi otak.

Menurut penelitian, olahraga secara teratur membantu otak sebagai kunci untuk memori, konsentrasi, dan ketajaman mental. Tubuh pun perlu dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak.

Dan yang kelima, selalu awali aktifitas dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa yang diajarkan Allah dalam Al-Qur’an seperti:

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ، وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ

Rabbi a’uudzubika min hamazatisy syayaathiini, wa a’uudzubika rabbi an yahdluruun.

“Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (QS. al-Mu’minun [23]: 97-98).

Demikianlah beberapa Tips dan Doa yang bisa dilakukan agar membantu kita meningkatkan konsentrasi baik di saat bekerja atau belajar.

Baca Juga:  5 Tahapan Mendoakan Orang Sakit Sesuai Tuntunan Rasulullah

Dengan bermunajat dan melakukan serangkaian usaha, niscaya konsentrasi akan mudah kita dapatkan. Kemudian dijauhkan dari hal-hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi kita dari apa yang kita kerjakan. Karena sumber keberhasilan itu berasal dari Allah SWT. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berusaha dan berdoa agar dimudahkan urusan kita.

Karena pada dasarnya pekerjaan apapun membutuhkan konsentrasi yang mendalam. Konsentrasi itulah yang nantinya akan membantu kita menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi beban kita. Berusaha dan berdo’a yang menjadi kuncinya.

Muhammad Nur Faizi