Menag Fachrul: Pandemi Corona Berdampak Positif untuk Umat

Pecihitam.org – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyebut bahwa pandemi corona atau Covid-19 membawa dampak positif untuk umat, yakni terkait kerukunan antarumat beragama.

Menurutnya, akibat kesulitan yang ditimbulkan Covid-19 membuat umat beragama di Indonesia saling tolong menolong.

“Hal yang sangat positif kita lihat saat kita mengatasi wabah ini. Semua orang bergotong royong, semua bangsa bergotong royong mengatasinya tak peduli lagi peralatan, obat-obatan datang dari negara mana, agamanya apa,” ujar Menag Fachrul, Selasa, 14 Juli 2020 seperti dikutip dari Kompas.com.

“Tak peduli pasien itu agamanya apa, dokter itu agamanya apa, perawatnya agamanya apa, kemudian sponsor-sponsor yang mendukung agamanya apa,” sambungnya.

Semua pihak, kata Menag, di masa pandemi Covid-19 ini terlihat saling bekerjasama untuk menolong dan menyelamatkan satu sama lain.

Baca Juga:  Meriahkan Harlah NU 94, Besok, Gubernur Akan Lepas Longmarch Ansor Sulsel

“Semuanya kita bekerja bersama melakukan upaya menyelamatkan semua orang dari wabah Covid-19 ini,” ujarnya.

Penguatan antarumat beragama itu, kata Fachrul, dapat dilanjutkan di adaptasi kebiasaan baru mendatang.

“Kami optimistis membangun kehidupan dalam era adaptasi kebiasaan baru dan bagaimana kita bisa mengokohkan kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Menag pada kesempatan itu juga mengapresiasi sejumlah tokoh agama yang dinilainya telah berperan penting dalam ketaatan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

“Pada saat imbauan tidak boleh mudik misalnya, tidak boleh beribadah berjemaah di rumah ibadah, bisa dikatakan 99 persen taat dan itu tidak lepas dari peran tokoh-tokoh agama yang ada di tengah masyarakat,” ujar Menag.