Prediksi BIN: Penularan Corona Bakal Melonjak Jika Warga Salat Idul Fitri di Luar Rumah

Pecihitam.org – Badan Intelijen Negara (BIN) memprediksi adanya lonjakan penularan virus Corona (COVID-19) jika masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H di luar rumah.

Prediksi BIN tersebut disampaikan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Ia mengatakan, lonjakan penularan diprediksi terjadi jika ada konsentrasi massa saat salat Idul Fitri 1441 H.

“BIN memberikan prediksi, kalau kita masih melakukan salat Id di luar, maka akan terjadi pelonjakan angka penularan COVID-19 yang signifikan,” kata Fachrul, Selasa, 19 Mei 2020 seperti dikutip dari Detik.com.

Adapun konsentrasi massa yang dimaksud BIN adalah pelaksanaan salat Idul Fitri secara berjemaah di luar rumah seperti di masjid dan lapangan.

Maka dari itu, Menag meminta masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga.

Baca Juga:  PA 212 Minta Pemerintah Pusat Tanggung Jawab Soal Logo HUT RI Mirip Salib

“Hendaknya kita semua taat dengan aturan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kewilayahan yang antara lain berbicara pembatasan kegiatan keagamaan dilakukan di dalam rumah sendiri bersama keluarga inti,” ujar Menag.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, hasil rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi memutuskan agar masyarakat tidak melakukan salat Idul Fitri di masjid ataupun lapangan seperti kegiatan salat Idul Fitri sebelumnya.

Mahfud mengatakan bahwa aturan itu juga tertuang dalam Peraturan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Pertama di tengah masyarakat ini sekarang timbul diskusi, apakah salat Id boleh dilakukan di masjid atau lapangan seperti yang sudah-sudah sebelum adanya COVID, maka tadi kesimpulannya bahwa kegiatan keagamaan sifatnya masif, seperti salat berjamaah, atau salat Id di lapangan termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB,” kata Mahfud.

Baca Juga:  MUI Sarankan Pemerintah Keluarkan Izin SKT, FPI: Tanpa Itu Kami Masih Berjalan
Muhammad Fahri