Robbisrohli Sodri … Doa Nabi Musa Agar Diberi Kemudahan Urusan

Robbisrohli Sodri

Pecihitam.org – Robbisrohli sodri dst … ini merupakan doa Nabi Musa ketika memohon kemudahan urusan dan dimudahkan dalam ucapan. Nabi Musa merupakan salah satu nabi yang di berikan mukjizat oleh Allah Swt agar dapat menaklukkan Bani Isra’il dan meluluhkan kerasnya hati Fir’aun.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sepanjang perjalanaan dakwah nabi Musa pun tidak sedikit rintangan yang harus ia hadapi. Apalagi nabi Musa harus menghadapi Fir’aun yaitu ayah angkatnya sendiri. Namun, Allah Swt selalu memberikan pertolongan bagi Nabi Musa serta pengikutnya.

Ketika Nabi Musa As menghadapi Raja Fir’aun yang sangat menentang ajaran yang di bawa olehnya, karena Fir’aun menganggap bahwa dirinya sebagai Tuhan. Sehingga ketika Nabi Musa As. menyebarkan tentang ajaran Tauhid maka Fir’aun pun sangat marah. Selama menghadapi kejamnya raja Fir’aun dan mendapatkan banyak rintangan, Nabi Musa pun selalu memanjatkan doa. Sebagaimana yang telah tercantum dalam At-Thaha ayaat 25 :

رباشرح لي صدر ويسرلي أمري وحلل عقدة من لسا ني يفقهو قولي

Baca Juga:  Suka Lupa Naruh barang? Ini Doa Ketika Lupa Menurut al-Quran dan Hadis

Robbisrohli sodri wayassirli amri wahlul uqdatam mil-lisani yafqahu qauli

“Ya Tuhan, lapangkanlaah dadaku, mudahkanlah segala urusan ku, dan lepaskanlah kekakuan lidah ku, agarmereka mengerti perkataanku.” (QS. At-Thaha:25)

Dalam doa yang di panjatkan oleh Nabi Musa tersebut terdapat 3 hal yang di mohonkan kepada Allah Swt, yaitu:

  • Yang pertama, meminta agar segala rasa susah yang membuat dada menjadi sesak di angkat oleh Allah Swt dan di beri kelapangan oleh Allah Swt.
  • Yang kedua, memohon agar di berikan kemudahan dan di hilangkan segala kesusahan dalam mengahadapi setiap rintangan atau masalah.
  • Dan yang ketiga, memohon agar di berikan kelancaran dalam berucap sehingga mudah di pahami oleh semua orang yang mendengarnya.

Jadi di dalam doa ini mengandung makna yang pada intinya adalah meminta kepada Allah Swt agar di berikan kemudahan ketika menghadapai setiap masalah dan kesulitan-kesulitan. Dan berharap agar di berikan kemudahan dalam berbicara sehingga semua orang yang mendengarkannya menjadi paham. Selain itu juga agar di berikan kelapangan di dalam dada saat mengahadapi semua masalah yang terkadang sampai membuat dada terasa sesak.

Baca Juga:  Doa Sesudah Adzan dan Iqamah serta Amalan Sunnahnya

Doa tersebut juga termasuk dalam wujud tawakal kita kepada Allah Swt dalam menyelesaikan masalah. Ketika dalam keadaan yang tidak berdaya kemudian meminta pertolongan Allah Swt dan yakin bahwa Allah Swt akan memberikan pertolongan kepada kita untuk menyelesaiakan masalah yang sedang di hadapi. Tidak ada yang lebih baik selain mengadukan segala masalah hanya kepada Allah Swt.

Doa ini juga dianjurkan dibaca ketika wirid setelah selesai sholat karena memang maknanya yang sangat luar biasa. Selain itu sering juga di amalkan oleh setiap orang yang akan menghadapi hal-hal penting seperti misalnya ketika ada yang akan ujian, interview, berpidato, ataupun ketika akan berdakwah. Dengan harapan di berikan kemudahan oleh Allah Swt sehingga dapat memberikan pemahaman yang baik bagi banyak orang atas ucapan kita.

Baca Juga:  Doa Sebelum Tidur dan Amalan Yang Bisa Dilakukan Menjelang Tidur

Jadi, keutamaan dari doa robbisrohli sodri dst … ini adalah menyerahkan segala sesuatu yang di hadapi hanya kepada Allah Swt dan meminta agar di berikan kemudahan oleh Allah Swt ketika sedang menghadapi kesulitan.

Dengan demikian maka kita akan terbiasa bertawakal kepada Allah Swt atas segala ikhtiar yang telah di upayakan. Sehingga akan mengurangi kemungkinan kita untuk mengeluh ketika sedang menghadapi masalah atau kesulitan dalam hidup. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik