Sembilan Keistimewaan Surat al Fatihah yang Perlu Kamu Ketahui

keistimewaan surat al fatihah

Pecihitam.org – Al-Fatihah ialah nama surah pertama dalam Alquran, ada pula yang mengatakan surat ini sebagai ibunya Al-quran (Ummul Qur’an). Surah al-Fatihah ini adalah surah dalam Al-quran yang mempunyai begitu banyak keistimewaan. Apa saja keistimewaan surat al-Fatihah tersebut?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pertama. Keistimewaan surat Al-fatihah adalah, disebut sebagai Assab’ul Matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang). Maksudnya adalah bahwa surah al-Fatihah yang jumlah tujuh ayat tersebut oleh kaum muslimin selalu dibaca berulang-ulang dalam sehari semalam. Minimal sebanyak 17 kali bacaan sesuai dengan jumlah rakaat shalat wajib.

Kedua. Surah yang termasuk ke dalam surah Makiyah ini (diturunkan di Makkah) terdiri dari tujuh ayat. Namun ada ulama yang berbeda pendapat, yang mengatakan jumlah ayat dalam surah al-Fatihah hanya enam, yaitu Imam Malik.

Ulama yang berpendapat bahwa ayat surah Al-Fatihah hanya berjumlah enam, karena tidak memasukkan basmalah sebagai bagian dari surah tersebut. Adapun yang mengatakan surah al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat, kebalikan dari pendapat yang pertama tadi yang diwakili oleh Imam asy-Syafi’i.

Ketiga. Jumlah huruf yang ada dalam surah al-Fatihah adalah 139 huruf, yang terangkai dalam 25 kata. Adapun unsur-unsur pokok seperti tentang keimanan, hukum dan kisah-kisah dll. yang terdapat dalam al-Fatihah adalah cerminan dari isi Alquran, sebagaimana al-Fatihah yang menjadi inti dari Alquran.

Baca Juga:  Disebutkan Berulang dalam Al-Qur'an, Inilah Sosok Israel dan Anak Keturunannya

Keempat. Selain dinamai al-Fatihah, surah ini juga mempunyai nama-nama lain seperti Ummul Kitab (induk kitab), Assab’ul al-Matsani (tujuh yang diulang), Al-Wafiyah (yang sempurna), Asy-Syafiyah (yang menyembuhkan), dan Asy-Syifa’ (obat).

Kelima. Ada banyak rahasia dan keistimewaan surah al-Fatihah, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw; الفاتحة لما قرئت له (jika kita punya suatu hajat apapun, surah Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut).

Bahkan sang sufi agung Ibnu Arabi yang terkenal, dalam kitabnya “al-Qoddasa Allahu wa Sirrahu” mengatakan “barang siapa yang punya maksud, maka sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis salat Maghrib dan sunnahnya, kemudian setelah itu ajukanlah permohonan kepada Allah Swt tentang apa yang kita inginkan”.

Keenam. Keistimewaan surah al-Fatihah, yang tidak ada di dalam surah-surah lainnya dalam Alquran ialah, surat al-Fatihah menjadi salah satu syarat sah dan tidaknya shalat seseorang. Karena surah al-Fatihah adalah rukun dari salat, jadi tidak ada salat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah. Sebagaimana hadis yang diriwatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim.

Baca Juga:  Mengapa Surat Al-Fatihah Diletakkan Terakhir dalam Tafsir Jalalain?

Ketujuh. Di dalam kitab at-Tib an-Nabawi, dijelaskan juga tentang keistimewaan surah al-Fatihah. Dimana bacaan Al-Fatihah menjadi perantara dalam menyembuhkan penyakit seseorang, dengan ditambah oleh obat-obatan herbal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah saw untuk mengobati dirinya sendiri atau orang lain.

Dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah karya Sayyid Muhammad Saad ibnu Alawi al-Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik ibu Umair mengatakan, “ الكتاب شفاء من كل داءفاتحة “surah yang menjadi pembuka dalam Alquran adalah obat segala sesuatu, surah tersebut adalah surah al-Fatihah.

Kedelapan. Surah al-Fatihah juga setara dengan dengan sepertiga dari Alquran, barangsiapa yang membacanya setara dengan membaca sepertiga dari Alquran.

Kesembilan. Surah al-Fatihah adalah sebaik-baik dan juga seistimewa-istimewanya surah dalam Alquran. Keutamaan surat al-Fatihah atas surah lain yang ada di dalam Alquran ialah seperti keutamaan Allah Swt atas makhluknya.

Baca Juga:  Dialog dengan Agama Lain dan Cara Berdialog yang Islami

Sebetulnya masih banyak sekali keistimewaan dan keutamaan yang surat al-Fatihah, baik itu untuk perantara dalam pengobatan, perantara keperluan hajat tertentu atau keperluan supaya segera dapat jodoh, dan lain sebagainya.

Keutamaan-keutamaan tentang surah al-Fatihah banyak dijelaskan oleh ulama-ulama besar melalui karya-karyanya diberbagai bidang seperti tafsir, tasawuf dan lain sebagainya.

Pada hakikatnya setiap surat yang ada di dalam Al-quran, mempunyai keistimewaan dan keutamaan masing-masing. Karena Alquran merupakan kalam Allah Swt yang begitu agung dan sebagai kitab suci umat Islam. Demikian semoga bermanfaat. Waalahua’lam Bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published.