Kedahsyatan Doa Sapu Jagad Untuk Kebaikan Dunia Dan Akhirat

doa sapu jagad

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Wahai Tuhan kami, anugerahi kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka”.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pecihitam.org – Salah satu doa yang sering dipanjatkan Nabi SAW adalah doa sapu jagad yaitu doa agar diberikan kebaikan di dunia dan akhirat,serta selamat dari api neraka.

Doa Sapu Jagad merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat di Indonesia pada suatu doa pada ayat Al-Quran yang terdapat di Q.S. Al Baqarah Ayat 201.

Mungkin sebagian orang bertanya mengapa doa tersebut begitu terkenal dengan nama Doa Sapu Jagad, yang mana istilah tersebut tidak ada di Negara lain dan hanya di Indonesia.

Sebab ayat tersebut bermakna doa yang singkat dengan mencakup seluruh kebaikan yang bernilai ibadah atau menyapu seluruh doa yang baik bagi di dunia maupun di akhirat.

Sebagaimana hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim,

ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻛﺎﻥ ﺃﻛﺜﺮ ﺩﻋﺎء اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ اﻟﻠﻬﻢ ﺭﺑﻨﺎ ﺁﺗﻨﺎ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺣﺴﻨﺔ ﻭﻓﻲ اﻵﺧﺮﺓ ﺣﺴﻨﺔ ﻭﻗﻨﺎ ﻋﺬاﺏ اﻟﻨﺎﺭ

Baca Juga:  Begini Bacaan Doa Sapu Jagat Yang Bisa Kamu Amalkan Setiap Hari

“Diriwayatkan dari Sahabat Anas bin Malik, ia berkata bahwasanya Nabi selalu memperbanyak doa”

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Para ulama tafsir berpendapat bahwa kebaikan di dunia ialah berupa kesejahteraan hidup dan kebahagiaan. Keduanya meliputi tiga dimensi: rohani, jasmani, dan sosial.

Kesejahteraan yang pertama meliputi, antara lain, kecerdasan intelektual, moral dan mental. Kesejahteraan kedua mencakup tubuh yang tidak cacat, tidak luka, kuat, dan indah. Sementara kebaikan yang ketiga adalah kemampuan ekonomi dan kehormatan diri.

Menurut Imam as-Syaukani dalam Tuhfah Adz-Dzakirin mengutip pendapat Ali bin Abi Thalib yang menafsirkan kata الحسنة atau kebaikan di dunia dengan mendapatkankan istri yang shalihah dan kebaikan akhirat yaitu mendapatkankan bidadari.

Baca Juga:  Doa Ziarah Makam Wali Lengkap Beserta Tatacaranya

Sedangkan menurut Imam Hasan al-Bashri menjelaskan kebaikan dunia dengan mendapatkankan ilmu dan ibadah, serta Kebaikan akhirat dengan mendapatkan surga serta dijauhkan dari api neraka.

Ahli tafsir terkemuka, Fakhr al-Din al-Razi, berpendapat bahwa kebaikan dunia adalah hidup aman, anak-anak (generasi) yang saleh (berakhlak mulia), istri yang salehah (berakhlak mulia), rizki halal yang mencukupi dan aman dari kekerasan. (Al-Tafsir al-Kabir).

Ibn Katsir, mengatakan bahwa doa sapu jagad mengandung semua tindakan yang membawa kebaikan dan menjauhkan diri dari semua keburukan. Kebaikan di dunia meliputi tubuh yang tidak berpenyakit (‘afiah), rumah yang lapang, pasangan yang menarik, rezeki yang cukup, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang nyaman, dan kehormatan diri yang terjaga. Sementara kebaikan di akhirat adalah kebahagiaan dan surga. (Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim).

Sahabat Ibn Umar menafsirkan kebaikan di dunia adalah mempunyai anak-anak baik yang berbakti kepada orang tuanya, yang disiplin, dan yang alim. Ulama ahli bahasa dan ahli tafsir besar Al-Alusi, menyimpulkan pandangan para ulama bahwa, “Kebaikan di dunia mencakup segala hal yang diidamkan atau diimpikan setiap orang.

Baca Juga:  Doa Memohon Jodoh yang Ada dalam AlQuran, Jomblo Wajib Tahu!

Doa sapu jagad sering dijadikan penutup setiap doa apapun, hal ini supaya doa yang diijabah Allah diberikan yang terbaik. Yang artinya bisa saja jika doa sebelumnya memang baik untuknya maka semoga dikabulkan dan jika ternyata apa yang diminta tidak baik untuknya maka semoga Allah menggantikan dengan kebaikan lain. Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *