Allahumma Shoyyiban Nafi’an: Bacalah Doa Ketika Turun Hujan Ini Agar Kebaikannya Makin Berkah

Ketika Turun Hujan Ini Agar Kebaikannya Makin Berkah

PECIHITAM.ORG – Allahumma shoyyiban nafi’an, itulah penggalan doa yang diajarkan Nabi untuk dibaca saat turun hujan. Hujan yang turun dari langit merupakan kebaikan dan berkah dari Allah, sebagaimana firman-Nya dalam Surat Qaaf

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً مُّبٰرَكًا فَاَنْۢبَتْنَا بِهٖ جَنّٰتٍ وَّحَبَّ الْحَصِيْدِۙ

Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen. (QS. Qaaf ayat 9)

Menurut ahli tafsir, pada ayat ini Allah menerangkan bagaimana cara menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yaitu menurunkan dari langit air hujan yang banyak manfaatnya untuk menumbuhkan tanam-tanaman dan pohon-pohon yang berbuah, terutama tumbuh-tumbuhan dan biji tanamannya dapat dituai seperti padi, gandum, jagung, dan sebagainya.

Baca Juga:  Jangan Lupa! Inilah Amalan di Jumat Terakhir Bulan Rajab

Dengan penjelasan di atas, maka tidak sepatutnya kita mengeluh saat turun hujan, apalagi menganggapnya sebagai musibah. Karena hujan merupakan berkah.

Yang patut saat turun hujan adalah bersykur dan berdoa. Apalagi doa saat turun hujan merupakan salah satu doa yang istijabah.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Hakim

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua doa yang tidak akan ditolak: doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan. (HR. Hakim)

Menurut sebagian penjelasan, hujan menjadi berkah dan menjadi sebab ijabahnya doa adalah karena setiap tetes hujan yang turun dari langit dikawal oleh malau. Subhanallah!.

Baca Juga:  Begini Lafadz Doa Ketika Hujan Yang Diajarkan Rasulullah

Berikut doa ketika turun hujan yang diriwayatkan bersumber dari Aisyah

 اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an
Artinya: Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

Selain membaca doa turun hujan ini, dianjurakan pula membaca doa-doa lainnya yang sedang jadi hajat kita, mengingat waktu istijabah tidak boleh dilewatkan.

Jika kemudian hujan terus turun dengan lebat hingga membuat ketakutan, semisal takut banjir, tanah longsor dan sebagainya, maka Nabi mengajarkan kita untuk membaca doa ini

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan]. (HR. Bukhari)

Baca Juga:  Doa Tawasul Minta Hujan Umar bin Khatab Ketika Kemarau Panjang

Dan jika hujan telah reda, bacalah doa berikut

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Kita telah diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah. (HR. Bukhari)

Faisol Abdurrahman