Pertama Kalinya dalam Sejarah, Populasi Umat Muslim di Inggris Capai 3 Juta Orang

Muslim di Inggris

Pecihitam.org – Baru-baru ini  Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris merilis data yang menyebutkan bahwa populasi Muslim Inggris telah mencapai tiga juta orang untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Dalam laporan ONS, disebutkan bahwa Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Inggris.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu, 4 Januari 2020, ONS untuk pertama kalinya melakukan penilaian secara teratur terhadap ukuran berbagai kelompok agama dan etnis.

Dalam laporannya, ONS menyebutkan populasi agama dan etnis minoritas diukur sekali dalam 10 tahun dengan menggunakan sensus nasional.

Berbeda dengan populasi Muslim yang meningkat, penganut agama Kristen di Inggris mengalami penuruna meski penurunannya mungkin melambat.

“Begitu juga dengan penganut Shikh yang juga menurun,” tulis ONS di laporannya.

Baca Juga:  PC IPNU Mojokerto Ajak Kader Bersikap Militan, Kreatif, dan Kritis

Sementara populasi penganut Yahudi dan Buddha di Inggris, ONS mengatakan tetap stabil. Umat Hindhu mengalami sedikit peningkatan. Begitu pun dengan penganut agama selain agama besar juga mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. 

“Pun dengan mereka yang mengaku tidak beragama atau yang tidak mau membahas agama mengalami peningkatan pesat, hampir sepertiga dari populasi Inggris,” tulisnya.

Menurut laporan ONS, peningkatan ini dinilai karena penurunan terhadap agama Kristen. Meski demikian, penganut Kristen tetap menjadi kelompok terbesar di Inggris.   

“Proporsi yang lebih rendah dari populasi dalam kelompok Kristen diimbangi oleh proporsi yang lebih tinggi dari semua kelompok lain, dengan peningkatan terbesar terlihat untuk Muslim,” kata ONS.

Baca Juga:  Din Syamsuddin: Muhammadiyah dan NU Ini Kekuatan Besar, Harus Terus Bersatu

ONS juga menyebut dalam laporannya kalau para ahli belum bisa memberikan keterangan mengenai alasan peningkatan populasi Muslim dan penurunan umat Kristen.

“Kami tidak dapat menarik kesimpulan tentang apa yang menyebabkan perbedaan ini,” ujarnya.

“Pada 2016, lima tahun setelah sensus nasional 2011, angka-angka baru menunjukkan bahwa ada 3.138.000 Muslim di Inggris dan Wales. Dengan demikian, terjadi kenaikan lebih dari 400 ribu atau 16 persen dari 2,7 juta selama lima tahun terakhir,” sebut ONS.

Diketahui, untuk di Inggris sendiri, ONS memperkirakan ada 3.092.000 Muslim pada 2016. Sebagai bagian dari populasi Inggris, penilaian menunjukkan kelompok agama Islam mencapai 5,6 persen pada 2016 dibandingkan 4,7 persen pada 2011.

Baca Juga:  Yenny Wahid Kecam Oknum Pembina Pramuka Mengajarkan Yel-yel yang Menyinggung SARA
Muhammad Fahri