Surah Al-Anfal Ayat 52; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Al-Anfal Ayat 52

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Anfal Ayat 52 ini Allah SWT memberi penegasan bahwa Allah SWT juga akan memberikan tindakan kepada mereka sebagaimana yang pernah Allah lakukan terhadap kaum terdahulu seperti Fir’aun dan kaumnya serta umat-umat sebelum mereka yang telah mendustakan para Rasul dan ayat-ayat Allah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Anfal Ayat 52

كَدَأْبِ آلِ فِرْعَوْنَ ۙ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۚ كَفَرُوا بِآيَاتِ اللَّهِ فَأَخَذَهُمُ اللَّهُ بِذُنُوبِهِمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Terjemahan: (keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir’aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi amat keras siksaan-Nya.

Tafsir Jalalain: Kebiasaan orang-orang kafir itu كَدَأْبِ (sama dengan kebiasaan) tradisi آلِ فِرْعَوْنَ ۙ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۚ كَفَرُوا بِآيَاتِ اللَّهِ فَأَخَذَهُمُ اللَّهُ (Firaun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka) mengazab mereka

Baca Juga:  Surah Al-Anfal Ayat 59-60; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

بِذُنُوبِهِمْ (disebabkan dosa-dosanya) lafal kafaruu dan lafal-lafal sesudahnya merupakan jumlah yang menafsirkan makna lafal-lafal yang sebelumnya. إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ (Sesungguhnya Allah Maha Kuat) atas semua apa yang dikehendaki-Nya شَدِيدُ الْعِقَابِ (lagi amat keras siksaan-Nya).

Tafsir Ibnu Katsir: Bahwa orang-orang musyrik yang mendustakan risalah yang engkau bawa itu hai Muhammad, seperti apa yang dilakukan oleh umat-umat yang mendustakan sebelum mereka.

Maka Kami pun mengambil tindakan terhadap mereka dengan tindakan yang pernah Kami lakukan terhadap umat-umat terdahulu yang mendustakan, terdiri dari Fir’aun dan kaumnya dan umat-umat sebelum mereka yang mendustakan para Rasul, serta kafir kepada ayat-ayat Allah.

فَأَخَذَهُمُ اللَّهُ بِذُنُوبِهِمْ (Maka Allah menyiksa mereka disebabkan oleh dosa-dosa mereka) yakni disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, Allah membinasakan dan menyiksa mereka dengan siksaan Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Mmenetapkan.

Baca Juga:  Surah Al-Anfal Ayat 41; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ شَدِيدُ الْعِقَابِ (Sesungguhnya Allah Mahakuat dan lagi Mahakeras siksaan-Nya) maksudnya tidak ada seorangpun yang mengalahkan-Nya dan tidak seorang pun yang bisa lepas /lari dari-Nya.

Tafsir Quraish Shihab: Tradisi dan ihwal orang-orang yang menyekutukan Allah itu tidak ada bedanya dengan Fir’aun dan orang-orang sombong pada zaman dahulu. Sebagian dari mereka mengingkari ayat-ayat Allah.

Lalu Allah akan menyiksa mereka karena dosa-dosa yang mereka lakukan. Tetapi Allah tidak zalim terhadap mereka. Allah Mahakuat dalam melaksanakan hukum-Nya dan Mahakeras balasan-Nya bagi mereka yang berhak menerima hukuman.

Alhamdulillah, demikianlah telah kita tadabburi bersama Surah Al-Anfal Ayat 52 berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Quraish Shihab dan Tafsir Jalalain. Semoga menambah kecintaan kita terhadap Al-Qur’an dan semakin meningkatkan Iman kita. Amin.

Baca Juga:  Surah Al-Anfal Ayat 20-23; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an
M Resky S