Inilah Doa Pengusir Iblis yang Harus Kamu Baca Agar Terhindar dari Godaannya

Doa Pengusir Iblis yang Harus Kamu Baca

Pecihitam.org – Iblis adalah makhluk Allah yang ditugaskan untuk mengajak manusia kepada jalan kesesatan. Dalam sejarahnya, iblis merupakan salah satu penduduk surga. Namun akibat kesombongannya yang tidak mau sujud kepada Nabi Adam, ia lantas diusir dari surga.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Keputusan ini tak begitu saja diterima oleh iblis, ia bersumpah untuk menyesatkan keturunan Nabi Adam sehingga menjadi temannya di neraka nantinya.

Iblis selalu mempunyai cara unik dalam menggoda manusia. Dia bisa berwujud manusia sendiri untuk menyebarkan berita bohong. Bisa menyusup ke sirkulasi darah manusia, sehingga manusia setiap waktunya harus berjuang melawan gempuran godaan dari iblis itu sendiri.

Kalau dihitung jumlahnya, iblis secara keseluruhan mencapai jutaan ataupun miliyaran jumlahnya. Hal ini dikarenakan usia iblis yang panjang sampai hari kiamat. Dalam dialognya bersama Allah, ia meminta untuk tidak membinasakannya sebelum datangnya kiamat. Dan permintaan itu pun disetujui oleh Allah. Akhirnya iblis sampai kapanpun tidak akan bisa mati sampai hari kiamat.

Untuk menggoda satu manusia, mungkin ada puluhan ataupun ratusan iblis yang siap menggoda kita. Oleh karena itu, tidak ada cara lain untuk terhindar dari godaan iblis selain meminta perlindungan dari yang menciptakan segala sesuatunya.

Baca Juga:  4 Macam Doa Tawasul yang Mustajab Pengantar Terkabulnya Hajat

Allah adalah dzat yang maha pengasih terhadap makhluknya. Ia tidak mungkin membiarkan begitu saja makhluknya hidup dalam kekufuran dan kesesatan akibat godaan iblis. Ia pasti menurunkan bantuan untuk kita agar bisa selamat dari godaan iblis, dan salah satu caranya yaitu dengan membaca doa pengusir iblis agar terhindar dari godaannya.

Salah satu doa pengusir iblis yang ampuh untuk mencegah dan terhindar dari godaan iblis adalah doa yang diamalkan oleh Muhammad bin Wasi’. Ia selalu menggunakan doa ini sebagai salah satu pelindung agar dirinya tidak tergoda oleh iblis. Tak pernah sekalipun dalam sehari ia meninggalkan doa ini. Kalaupun ia melewatkannya, pasti ia akan menambalnya.

Diceritakan dalam kitab Tuhfath al-habib ala Syarh al-Khotib bahwa iblis menemui Muhammad bin Wasi’. Iblis yang sedang dalam wujud manusia datang kepada Muhammad bin Wasi’ seraya berkata:

“Apakah engkau Muhammad bin Wasi’?” tanya iblis
“iya benar, siapakah engkau?” jawab Muhammad bin Wasi’
“Saya iblis, saya ingin minta tolong kepadamu” iblis merengek didepan Muhammad bin Wasi’
“Apa yang engkau inginkan padaku?” tanya Muhammad bin Wasi’
“Tolong, tolong jangan kau sebarkan doa yang selalu engkau baca kepada siapapun” Iblis memohon
“Demi Allah, aku akan menyebarkannya kepada semua orang agar engkau tidak bisa lagi mengganggu umat manusia” tegas Muhammad bin Wasi’

Dalam percakapan itu, iblis nampak takut akan keutamaan doa ini. ia terus merengek kepada Muhammad bin Wasi’ agar tidak ada seorang pun yang mengetahui akan doa yang selalu ia baca. Mengingat kekuatan dari doa tersebut yang sangat dahsyat. Doa tersebut bisa melumpuhkan iblis dan menjauhkannya dari manusia.

Baca Juga:  Dzikir Pagi dan Petang Dalam Rangkaian al-Matsurat

Lafadz doa yang selalu dibaca oleh Muhammad bin Wasi’ adalah

اللهم إنك سلطت علينا بذنوبنا عدوّاً بصيراً بعيوبنا ، يرانا هو وقبيله من حيث لا نراهم ، فآيسه منا كما آيسته من رحمتك ، وقنطه منا كما قنطته من عفوك ، وبعد بيننا وبينه كما باعدت بينه وبين جنتك إنك على كل شيء قدير

“Ya Allah Engkau telah menguasakan kepada kami, seorang musuh yang jelas atas dosa yang telah kami lakukan. Mereka dan golonganya sanggup melihat kami, sedangkan kami tak sanggup untuk melihatnya. Pupuskanlah harapan mereka sebagaimana Engkau memutuskannya dari rahmatmu. Putuskanlah asa mereka sebagaimana Engkau memutusnya dari ampunan-Mu. Jauhkanlah mereka dari kami sebagaimana Engkau menjauhkannya dari surgamu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca Juga:  Doa Agar Terhindar dari Fitnah Kubur yang Diajarkan Nabi, Hafal dan Bacalah dengan Rutin!

Demikianlah sekilas penjelasan tentang Doa pengusir iblis yang sebaiknya selalu diamalkan oleh setiap muslim agar senantiasa terhindar dari godaannya dan agar tidak menjadi sekutunya.

Muhammad Nur Faizi