Mengenal Malaikat Israfil Sang Peniup Sangkakala

mengenal malaikat israfil

Pecihitam.org – Sebagai umat islam tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya malaikat, kali ini kita akan mengenal malaikat Israfil. Namun sebelumnya perlu kita ketahui siapakah malaikat Israfil yang katanya bertugas meniup sangkakala itu? Simak penjelasan berikut!

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya, padanya tidak terdapat nafsu sehingga ia selalu menaati segala perintah Allah. Ia adalah makhluk yang pertama diciptakan oleh Allah dan kelak ia yang akan pertama dibangkitkan pada hari kiamat.

Ada sepuluh malaikat yang wajib kita ketahui, yaitu malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada Rasulullah, kedua malaikat Mikail yang bertugas menurunkan rezeki, malaikat Israfil meniup sangkakala di hari kiamat, malaikat izrail bertugas mencabut nyawa.

Malaikat Munkar dan malaikat Nakir bertugas memberi pertanyaan didalam kubur, malaikat Raqib bertugas mencatat amal kebaikan, malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk, malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka dan malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga. Lalu siapakah malaikat Israfil yang bertugas meniup sangkakala tersebut? Kebanyakan dari kita hanya tau nama dan tugasnya, dan tidak tau siapa sebenarnya malaikat Israfil.

Baca Juga:  Ini Pengertian, Ciri Ciri dan Jenis Suudzon yang Harus Kita Hindari

Dalam Al-Qur’an telah disinggung tentang keberadaan malaikat Israfil meskipun namanya tidak disebutkan.

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az Zumar : 68)

Ada kisah tentang keberadaan malaikat Israfil, malaikat Israfil berwujud sangat besar mulutnya terdapat sebuah terompet atau sangkakala yang besar, ia ditugaskan oleh Allah untuk melihat ‘Arsy dan bersiap meniup sangkakala menunggu instruksi dari Allah.

Hal itu dikisahkan oleh Rasulullah, ia mendapati hal demikian pada saat beliau mi’raj kehadirat Allah ta’ala, Perihal tersebut telah disabdakan Rasulullah sejak 1400 tahun lalu, beliau bersabda:

Baca Juga:  Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Telah Dilaksanakan Dari Abad ke Abad

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن طرْف صاحب الصور مذ وُكل به مستعد ينظر نحو العرش، مخافة أن يؤمر قبل أن يرتد إليه طرفه، كأن عينيه كوكبان دريان

Sesungguhnya pandangan malaikat peniup sangkakala telah bersiap sejak dia diperintahkan, dia selalu memandang ke arah arsy karena khawatir dia diperintahkan ketika matanya berkedip. Kedua matanya seperti bintang berkilau. (HR. Hakim 8676)

Dari Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَيْفَ أَنْعَمُ وَقَدِ الْتَقَمَ صَاحِبُ الْقَرْنِ الْقَرْنَ، وَحَنَى جَبْهَتَهُ، وَأَصْغَى سَمْعَهُ يَنْظُرُ مَتَى يُؤْمَرُ

Bagaimana saya bisa bersenang-senang sementara malaikat peniup terompet telah meletakkan terompet itu di mulutnya, memiringkan dahinya, pendengarannya konsentrasi, selalu siaga kapanpun dia akan diperintahkan. (HR. Ahmad 11039, Turmudzi 3551 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Dapat kita bayangkan bahwa malaikat Israfil sejak seribu empat ratus tahun lalu saja sudah bersiap untuk meniup sangkakalanya, sementara pada hari ini kita masih terlalu nyaman dengan kehidupan di dunia ini.

Baca Juga:  Ilmu Yang Wajib Dipelajari Setiap Muslim

Meskipun dengan ditiupkan sangka kala itu entah esok ataupun kapan tugas kita adalah terus beribadah kepada Allah, semoga kita digolongkan sebagai orang-orang yang beriman dan bertaqwa.

Dan juga perlu diingat sebelum sangkakala ditiup oleh malaikat Israfil ada tanda-tandanya, seperti adanya kekeringan selama tiga tahun berturut-turut, munculnya dajjal, turunnya Nabi Isa a.s dan sebagainya.

Selain itu malaikat Israfil merupakan salah satu dari malaikat yang utama disisi Allah, semoga dengan penjelasan tersebut kita jadi lebih mengenal malaikat-malaikat Allah yang utama seperti malaikat Jibril, Mikail, Izrail, Israfil dan seterusnya. Semoga bisa bermanfaat serta menambah keimanan dan ketaqwaan kita. Wallahua’lam,

Lukman Hakim Hidayat