Inilah 10 Sifat Terpuji Anjing yang Perlu Kita Tiru

Inilah 10 Sifat Terpuji Anjing yang Perlu Kita Tiru

Pecihitam.org – Anjing sering kita jauhi. Selain karena takut atau jijik, ini mungkin disebabkan anjing termasuk najis mughalladzah. Dengan pemikiran semacam itu, lantas kebanyakan orang menganggap anjing sebagai hewan yang tiada kebaikan padanya. Padahal jika direnungkan, ada 10 sifat terpuji anjing yang perlu kita tiru.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Syaikh Nawawi Banten dalam salah satu dari sekian karyanya yang berjudul Kasyifatus Saja fi Syarh Safinatun Naja pada halaman 23 menulis sebagai berikut

ﺣﻜﻤﺔ: ﻓﻲ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﻋﺸﺮ ﺧﺼﺎﻝ ﻣﺤﻤﻮﺩﺓ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﻟﻠﻤﺆﻣﻦ ﺃﻥ ﻻ ﻳﺨﻠﻮ ﻣﻨﻬﺎ

(Hikmah) Pada seekor anjing terdapat 10 sifat terpuji yang seorang mukmin dianjurkan untuk tidak meninggalkan sifat tersebut.

Beginilah luhurnya ajaran Islam, sekalipun dari anjing tetap sebuah kebaikan harus ditiru. Karena dalam Islam, setiap kebaikan atau hikmah adalah kepunyaan seorang muslim yang tercecer. Maka di mana pun ditemukan, maka ia yang paling berhak mengambilnya.

Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir dalam kitabnya Taarikh Dimasyq Juz 55 halaman192:

Baca Juga:  Corona, Bagaimana Seharusnya Sikap Muslim? Pasrah atau Ikhtiar? Awas Salah langkah!

عن أبي عمرو عثمان بن الخطاب يعرف بأبي الدنيا الأشج المعمر قال: سمعت علي بن أبي طالب يقول: سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول ” الحكمة ضالة المؤمن حيث وجدها فهو أحق بها “

Dari Abu ‘Amr Utsman bin Al-Khathab dikenal dengan gelar Abu Ad-Dunya Al-Asyaj Al-Mu’ammar, ia berkata: Aku mendengar Ali bin Abi Thalib berkata: Aku mendengar Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hikmah itu adalah suatu yang hilang dari seorang mukmin, dimana saja ia mendapatkannya maka ia lebih berhak atasnya”

Adapun 10 sifat terpuji anjing adalah sebgai berikut

  1. Sifat Orang Shalih
    Anjing senantiasa dalam keadaan lapar, dan ini merupakan sifat orang-orang shalih.
  2. Sifat Orang Ahli Tahajjud
    Pada waktu malam, anjing hanya tidur sebentar, dan ini merupakan sifat orang-orang yang ahli tahajjud.
  3. Sifat Oang yang Jujur
    Andai pada suatu hari anjing diusir seribu kali, maka dia senantiasa di pintu rumah tuannya, dan ini merupakan sifat orang-orang jujur.
  4. Sifat Orang yang Zuhud
    Jika anjing mati, maka dia tidak meninggalkan warisan apa pun dan ini merupakan tanda orang-orang zuhud.
  5. Sifat Orang yang Ridha
    Anjing selalu merasa puas atau rela atas bagiannya di bumi dengan tempat yang paling rendah, dan ini merupakan tanda orang-orang ridha.
  6. Sifat Taemwaddu’nya Orang Miskin
    Anjing memandangi setiap orang yang melihatnya sehingga dilemparkannya sesuap makanan untuknya, dan ini merupakan akhlaq orang-orang miskin.
  7. Sifat Orang yang Penuh Cinta
    Andai anjing dilempar dengan debu, maka dia tidak marah dan tidak dengki, dan ini merupakan akhlak para pecinta.
  8. Sifat Orang Terhormat
    Apabila tempat anjing dikuasai oleh hewan lain, maka dia akan meninggalkan tempatnya dan berjalan ke tempat lain, dan ini merupakan sikap seorang yang terhormat.
  9. Sifat Orang yang Qana’ah
    Apabila anjing diberi sesuap makanan, maka dia memakannya dan senantiasa makan sesuap makanan, dan ini merupakan tanda orang-orang yang memiliki sifat qana’ah atau menerima apa adanya.
  10. Sifat Tawakkal
    Apabila anjing bepergian, berjalan dari suatu daerah ke daerah lain, maka dia tidak berbekal, dan ini merupakan tanda orang-orang yang tawakkal.
Baca Juga:  Inilah Kontribusi Besar Madzhab Al-Asy'ari dalam Ilmu Hadits

Demikianlah 10 sifat terpuji anjing mulai dari sifat seorang yang shalih hingga orang yang tawakkal. Maka terlepas dari status kenajisannya secara kajian Fiqh, kita tidak boleh menafikan kebaikan-kebaikan sifat yang telah Allah sematkan padanya. Bahkan sebagai muslim yang baik, sifat-sifat itu perlu kita tiru.

Faisol Abdurrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *