Surah Al-A’raf Ayat 11; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf ayat 11

Pecihitam.org – Allah SWT mengingatkan anak cucu Adam melalui Surah Al-A’raf ayat 11 ini tentang iblis dan segala kedengkiannya kepada mereka, juga kepada Adam. Hal demikian agar manusia menghindarinya dan tidak mengikuti jalannya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur’an Surah Al-A’raf ayat 11;

وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ

Terjemahan: Sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian, lalu Kami bentuk tubuh kalian, lalu Kami katakan kepada para malaikat: “Bersujudlah kalian kepada Adam”, maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud.

Tafsir Jalalain: وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ (Sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian) maksudnya ayah kalian yakni Adam ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ (lalu Kami bentuk tubuh kalian) Kami membentuk tubuhnya sedangkan kalian masih berada di dalam sulbinya

Baca Juga:  Surah Ibrahim Ayat 27; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ (lalu Kami katakan kepada para malaikat, “Bersujudlah kamu kepada Adam”) sebagai penghormatan, yakni dengan menundukkan punggung فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ (maka mereka pun bersujud kecuali iblis) yakni kakek moyang bangsa jin yang ada di antara malaikat لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ (dia tidak termasuk mereka yang bersujud).

Tafsir Ibnu Katsir: Ayat ini serupa dengan firman Allah SWT yang artinya: “Dan ingatlah saat Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: ‘Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka jika Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kalian kepadanya dengan bersujud'”. (QS. Al-Hijr: 28-29).

Maknanya adalah bahwa saat Allah Ta’ala menciptakan Nabi Adam as. dengan dari tanah liat kemudian Allah membentuknya menjadi manusia yang sempurna hingga Allah meniupkan ke dalamnya ruh, maka Allah SWT memerintahkan kepada para Malaikat untuk bersujud kepadanya sebagai bentuk penghormatan terhadap kedudukan dan kebesaran Allah SWT.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 203; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Maka akhirnya semua Malaikat pun mendengar dan mentaati-Nya, kecuali iblis yang tidak mau bersujud. Terkait masalah iblis ini telah dijelaskan sebelumnya di awal surah al-Baqarah. Ibnu Jarir mengatakan bahwa bentuk jamak “كُمْ” yang dimaksud dalam ayat ini adalah Adam.

Adapun terkait firman-Nya وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ Sufyan ats-Tsauri berkata, dari al-A’masy, dari Minhal ibnu ‘Amr, dari Sa’id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas, ia mengatakan: “Mereka diciptakan di tulang rusuk kaum pria dan dibentuk dalam rahim kaum perempuan”. (Diriwayatkan oleh al-Hakim dan riwayat tersebut shahih dengan syarat al-Bukhari dan Muslim hanya saja keduanya tidak meriwayatkannya)

Ibnu Jarir juga menukil dari sebahagian ulama salaf, bahwa yang dimaksud dengan “وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ (Kami ciptakan lalu Kami bentuk kalian) adalah anak cucu keturunan Adam. Wallahu a’lam

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 181-183; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Demikian uraian tentang Surah Al-A’raf ayat 11 dengan merujuk pada Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir, sebagai lanjutan dari Seri Tadabbur Al-Qur’an kita untuk surah ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis.

M Resky S