Surah An-Nisa Ayat 163-165; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah An-Nisa Ayat 163-165

Pecihitam.org – Surah An-Nisa Ayat 163-165 menjelaskan tentang penetapan nubuwwah dan kerasulan bagi Nabi Muhammad SAW, sebagaimana nubuwwah dan kerasulan yang diberikan kepada Nabi dan Rasul lainnya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah An-Nisa Ayat 163-165

Surah An-Nisa Ayat 163
إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَىٰ نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ ۚ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

Terjemahan: Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak, Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

Penjelasan: Zabur merupakan nama kitab yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Daud a.s. Kami akan menguraikan riwayat masing-masing nabi tersebut pada kisah-kisah mereka yang tercantum di dalam surah Al-Anbiya, Insya Allah.

Surah An-Nisa Ayat 164
وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلًا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا

Baca Juga:  Surah Al-Qashash Ayat 85-88; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Terjemahan: Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.

Penjelasan: وَرُسُلا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ Yaitu sebelum ayat ini, dalam surah-surah Makkiyah dan lain-lainnya. Berikut adalah nama-nama para nabi yang disebutkan Allah SWT dalam Al-Qur’an, yakni: Adam, Idris, Nuh, Hud, Saleh, Ibrahim, Lut, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Yunus, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, Zakaria, Yahya, Isa, ZulKifli (menurut mayoritas ulama tafsir), dan Penghulu para Nabi dan Rasul tersebut yaitu, Nabi Muhammad SAW.

وَرُسُلا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ Maksudnya adalah ada sejumlah nabi lainnya yang cukup banyak namun tidak disebutkan dalam Al-Qur’an. Terkait mengenai jumlah para nabi dan rasul, para ulama berbeda pendapat. Penjelasan mengenai hal ini, cukup terkenal dari hadis Abu Zar yang cukup panjang yang diriwayatkan oleh Ibnu Murdawaih di dalam kitab tafsirnya.

Baca Juga:  Surah An-Nisa Ayat 144-147; Seri Tadabbur Al Qur'an

وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا (Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung). Hal ini merupakan sebuah penghormatan kepada Nabi Musa a.s. Karena itu, Nabi Musa dikenal dengan julukan ‘Kalimullah’.

Surah An-Nisa Ayat 165
رُسُلًا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

Terjemahan: (Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Penjelasan: رُسُلا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ Yaitu menyampaikan kabar gembira bagi mereka yang taat kepada Allah SWT dan mengikuti jalan yang diridhai-Nya dengan berbuat kebaikan, dan memberikan peringatan kepada orang yang menentang perintah Allah SWT dan mendustakan rasul-rasul-Nya dengan siksaan dan azab.

Baca Juga:  Surah An Nisa Ayat 80-81; Seri Tadabbur Al Qur'an

لِئَلا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا Maksudnya ialah bahwa Allah SWT menurunkan kitab-kitab-Nya dan mengutus para rasul-Nya dengan membawa kabar gembira sekaligus peringatan, dan menjelaskan apa yang disenangi dan diridhai Allah serta menerangkan apa yang dibenci dan ditolak-Nya, supaya tidak ada lagi alasan bagi orang yang akan mengemukakan alasannya.

Demikian pembahasan tentang Surah An-Nisa Ayat 163-165 sebagai materi Tadabbur Al Qur’an kali ini. Adapun tafsirnya masih merujuk pada Tafsir Ibn Katsir. Semoga menambah khazanah Ilmu Al Qur’an kita. Amin

M Resky S