Tak Perlu Galau Gaess! Ini Amalan untuk Memudahkan Segala Urusan Kamu!

Amalan untuk Memudahkan Segala Urusan Kamu

Pecihitam.org – Rasulullah SAW telah menasehati kita bagaimana caranya menjalani kehidupan didunia yang fana ini. Banyak hadits yang mengajarkan kita amalan-amalan tertentu agar dapat melapangkan kehidupan. berikut kita simak beberapa amalan yang dapat memudahkan segala urusan yang pernah diajarkan baginda Nabi SAW.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Mengeluh terhadap sempitnya kehidupan dunia yang telah ditakdirkan Allah SWT adalah bentuk dari su’ul adab (buruknya budi pekerti) kepada-Nya.

Oleh karena itu sudah sepatutnya bagi kita meninggalkan perbuatan tersebut. Karena Allah Ta’ala tidak suka kepada Mukmin yang lemah yang terus-terusan mengeluh, mengapa begini, mengapa begitu, andaikan begini, andai saja begitu, dan lain-lain.

عن ابى هريرة رضي الله عنه, قال : قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم : المؤمن القويّ خير و احبّ الى الله تعالى من المؤمن الضعيف , وفى كلّ خيرٌ , احرص على ما ينفعك , واستعن بالله ولا تعجزنّ , وان اصابك شيء فلا تقل : لو انّي فعلت كان كذا و كذا , ولكن قل : قدّر الله وما شاء فعل, فإنّ “لو” تفتح عمل الشّيطان

Artinya : “Dari Abu Hurairah r.a beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda : Mukmin yang kuat itu lebih baik dan dicintai Allah ketimbang mukmin yang lemah. Pada setiap sesuatu itu ada kebaikannya, carilah sesuatu yang bermanfaat untuk mu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan sekali-kali kamu menjadi lemah. Jika engkau ditimpa suatu perkara janganlah berkata : “andai saja ku buat begini, begitu maka jadinya begini, begitu. Akan tetapi katakanlah : “Allah telah mentakdirkannya, Dia Maha Memperbuat apa yang dikehendaki-Nya”. Karena sesungguhnya kata-kata “Andai” itu dapat membuka pintu masuknya perbuatan setan. (HR. Muslim)

Baca Juga:  Tiga Doa Pelunas Hutang, Bacalah! Insya Allah Malam Tidur Nyenyak dan Siang Tidak Ketakutan

Lalu apa yang harus kita lakukan ketika ada beberapa kesulitan yang menimpa dalam hidup? apakah ada doa khusus yang mesti dibaca untuk hal tersebut?

Hendaklah kita senantiasa mengingat Allah SWT, terlebih lagi Ketika kesusahan hidup menimpa. Ingatlah janji Allah bahwasanya setiap orang tidak akan ditimpakan beban hidup melebihi kapasitas yang ada dalam dirinya.

Selalu bersabar dan mencari jalan keluar yang baik melalui musyawarah dengan orang-orang yang ahli seperti Guru, orang tua dan lain sebagainya. Lalu berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan masalah tersebut, berdoa kemudian bertawakkal kepada Allah Ta’ala.

Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW :

اللهمّ لا سهل الاّ ما جعلته سهلا , وانت تجعل الحزن اذا شىئت سهلا

Baca Juga:  Bacalah Sholawat Tibbil Qulub 400 Kali Setiap Hari, Niscaya Semua Penyakit Sembuh

Artinya : Ya Allah, tiada sesuatu yang mudah melainkan Engkaulah Yang Memudahkannya, dan bila Kau kehendaki, Engkau akan menjadikan suatu kegundahan menjadi mudah.

Rasulullah SAW juga mengajarkan, apabila seseorang ditimpa suatu kesulitan mengenai suatu perkara dalam hidupnya, maka hendaklah ia membaca doa berikut ketika hendak keluar dari rumahnya. Doa tersebut adalah :

بسم الله على نفسي ومالي وديني , اللهمّ رضّنِي بقضائك , وبارك لي فيما قُدر لي حتّى لا احبّ تعجيل ما اخّرتَ و لا تأْخير ما عجّلت

Artinya : Aku bertabarruk dengan nama Allah keatas diriku, hartaku dan agamaku. Ya Allah, jadikan aku ridha terhadap ketentuan-Mu, dan berkahilah bagiku pada sesuatu yang telah Engkau takdirkan untuk ku sehingga aku tidak lagi ingin menyegerakan apa yang telah Engkau akhirkan dan tidak pula ingin mengakhirkan apa yang telah Engkau segerakan untuk ku.

Demikianlah amalan untuk memudahkan segala urusan yang mesti dilakukan ketika seseorang ditimpa kesulitan hidup, atau perkara-perkara yang dirasa sulit untuk menyelesaikannya. Ringkasnya yang mesti dilakukan adalah:

  1. Tafakkur, mengenai janji Allah bahwa disetiap kesulitan itu pasti ada kemudahan (jalan keluarnya).
  2. Tafwidh, yakni berserah diri kepada Allah dalam segala urusan dari awal mula hendak mencari jalan keluar. Ini supaya ia dapat senantiasa mengingat Allah disetiap gerak-gerik berikutnya
  3. Selalu bersabar
  4. mencari jalan keluar melalui musyawarah dengan orang yang dianggap layak untuk dimintakan nasehat.
  5. berusaha melaksanakan apa yang telah diputuskan dalam musyawarah dengan tabah, perlahan tapi pasti dan jangan lupa senantiasa berdoa kepada Allah supaya dimudahkan segala urusannya.
  6. Tawakkal, berserah diri sepenuhnya kepada Allah setelah melakukan lima perkara tersebut.
Baca Juga:  Tasyahud Akhir adalah Waktu Mustajab untuk Berdoa, Begini Doanya!

Semoga bermanfaat, Wallahua’lambisshawab!

Muhammad Haekal