Khotbah Nabi Muhammad Saw Saat Memasuki Bulan Ramadhan

khotbah nabi di bulan ramadhan

Pecihitam.org – Disebutkan dalam riwayat bahwa sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan Allah, yang penuh berkah dan rahmat serta ampunan. Bulan yang di sisi Allah lebih utama dari bulan-bulan yang lain, hari-harinya lebih utama dari hari-hari yang lain, malam-malamnya lebih utama dari malam-malam yang lain, waktu-waktunya lebih utama dari waktu-waktu yang lain. Dia adalah bulan yang doa-doa kalian di bulan itu sampai kepada Allah swt dan dijadiakan kalian di dalam sebagai hamba yang dimuliakan oleh Allah swt.”

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ini hanya sebagian yang saya kutip dari khotbah Rasulullah saat menjelang memasuki bulan puasa di bulan Ramadhan.

Berdasarkan pada riwayat tersebut Nabi saw menyebutkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat, serta ampunan. Apa itu berkah? Sederhananya berkah itu kebaikan, keberuntungan, kesejahteraan, dan pertambahan nilai. Dari sini umat islam mengenal tabarruk.

Tabarruk adalah proses mengambil berkah dari orang yang kita cintai. Sebagaimana para sahabat itu selalu bertabarruk kepada Nabi saw, mereka bertabarruk dengan ludah, bekas air wudhu, pakain, darah, tanah pusara, tempat shalat, rambut, sentuhan Rasulullah saw. Dan semua itu terdapat dalam riwayat-riwayat hadis.

Baca Juga:  Bid'ah Hasanah Menurut Ulama Madzhab Syafi'iyah

Oleh karena itu, bila saudara-saudara ingin mendapatkan keberkahan misalnya tanah makkah dan madinah, jejak-jejak para nabi dan terkhusus Nabi saw maka sentuhlah itu dengan penuh cinta sebagaimana yang dilakukan oleh para sahabat Rasulullah saw.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, untuk mendapatkannya maka lakukanlah puasa dengan penuh kecintaan, keikhlasan, ketulusan. Dalam bahasa hadis imanan wah tisaban (penuh iman dan ketulusan).

Selain itu bulan Ramadahan kata nabi saw adalah bulan penuh rahmat. Apa itu rahmat? Rahmat adalah kasih sayang, penuh kasih. Dalam hadis dianjurkan bahwa sebelum makan, dianjurkan untuk membaca bismillah rahmanir rahim. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Kata ulama, alam tercipta karena sifat rahman dan rahim-Nya Allah swt.

Muhammad bin Abdullah di umur 40 tahun ia diangkat menjadi Rasul Allah juga membawa misi rahmatan lil alamin.  wa ma arsalnaka illa rahmatan lil alamin. Tidak kami mengutus muhammad kecuali rahmat bagi seluruh alam semesta.

Baca Juga:  Pesan Umar bin Abdul Aziz Untuk Para Hakim

Bulan Ramadhan adalah bulan rahmat, barangkali Allah swt dengan kasih sayang-Nya ia ciptakan alam semesta lalu mengutus Nabi dengan misi kasih sayang pula. Oleh karena itu, Allah swt menciptakan kita dengan kasih-Nya, mengutus Nabi dengan misi Kasih Sayang pula, maka tentu saja Allah saw menciptakan sarana, media agar selalu kita mendapat kasih sayang Allah swt, salah satunya adalah dengan datangnya bulan Ramadhan.

Maka menjalankan puasa dibulan Ramadhan sama halnya kita sedang berusaha mendapatkan kerahmatan di bulan Ramadhan tentu saja dengan segala rahmatnya.

Selain sebagai bulan penuh berkah, rahmat, iapun sebagai bulan penuh maghfirah. Bulan Maghfirah artinnya bulan yang penuh ampunan. Segala dosa akan diampuni oleh Allah swt utamanya pada akhir ramadhan yang dikenal sebagai lailatul qadr. Malam ketetapan/takdir Allah swt. Dari malam 19. 21, 23, 25, 27. Ulama berbeda-beda tentang kapan malam lailatul qadr  terjadi, namun yang pasti bahwa malam itu sangat mulia dan pasti akan terjadi.

Baca Juga:  Pesan Imam Syafi’i Tentang Menjaga Ujaran

Bulan Ramadhan adalah bulan yang lebih utama dari sebelas bulan yang lain, hari-hari, malam-malam, waktu-waktunya lebih utama dari yang lain. Inilah bulan yang penuh berkah, penuh rahmat, penuh maghfirah melalaikannya adalah kerugian besar bagi seorang hamba.

Segala doa, permohonan dikabulkan, seluruh hamba-Nya dimuliakan di bulan Ramadhan, tentu dengan syarat adalah menjalankan peintah ibadah di bulan Ramadhan salah satunya adalah berpuasa.

Semoga kita semua mendapatkan berkah, rahmat, maghfirah. Segala doa dikabulkan, dan menjadi hamba yang mendapatkan kemulian dari Allah swt.

Wallahu a’lam bis shawab

Muhammad Tahir A.