Surah Al-An’am Ayat 12-16; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat 12-16

Pecihitam.org – Surah Al-An’am Ayat 12-16 mengabarkan bahwa Allah-lah yang mempunyai langit dan bumi serta seluruh makhluk yang ada di dalamnya, dan bahwa Allah SWT telah menetapkan kasih sayang atas diri-Nya Yang Maha Suci.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebagaimana yang telah disebutkan di dalam kitab Shahihain melalui jalur Al A’masy, dari Abu Saleh, dari Abu Hurairah r.a. yang berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya Allah SWT setelah selesai menciptakan makhluk, maka Dia menulis di dalam kitab yang ada di sisi-Nya di atas Arasy, ‘Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan murka-Ku.'”

Terjemahan dan Tafsir Surah Al-An’am Ayat 12-16

Surah Al-An’am Ayat 12
قُلْ لِمَنْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ قُلْ لِلَّهِ ۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۚ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Penjelasan ayat: قُلْ لِمَنْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ قُلْ لِلَّهِ (Katakanlah, “Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?” Katakanlah, “Kepunyaan Allah.”) jika mereka tidak mengatakannya dan tidak ada jawaban lain kecuali itu.

Baca Juga:  Surah Al-Mu'min Ayat 69-76; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

كَتَبَ (Dia telah memastikan) telah menetapkan عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ (atas diri-Nya kasih sayang) sebagai kemurahan dari-Nya. Ungkapan ini mengandung seruan yang lembut untuk mengajak mereka agar beriman

لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ (Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kalian pada hari kiamat) untuk membalas kalian atas perbuatan-perbuatan kalian لَا رَيْبَ فِيهِ (tidak ada keraguan) kebimbangan terhadapnya.

الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ (Orang-orang yang merugikan dirinya) karena mereka menjerumuskan dirinya ke dalam siksaan. الَّذِينَ adalah mubtada sedangkan khabarnya adalah فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ (mereka itu tidak beriman).

Surah Al-An’am Ayat 13
وَلَهُ مَا سَكَنَ فِي اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Penjelasan ayat: وَلَهُ (Dan kepunyaan Allah-lah) Maha Luhur Allah مَا سَكَنَ (segala yang ada) yang berada فِي اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ (di malam hari dan di siang hari) artinya Dialah Tuhan segala sesuatu, Penciptanya dan Pemiliknya وَهُوَ السَّمِيعُ (Dan Dia Maha Mendengar) terhadap apa yang dikatakan الْعَلِيمُ (lagi Maha Mengetahui) atas apa yang diperbuat.

Surah Al-An’am Ayat 14
قُلْ أَغَيْرَ اللَّهِ أَتَّخِذُ وَلِيًّا فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ يُطْعِمُ وَلَا يُطْعَمُ ۗ قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ أَوَّلَ مَنْ أَسْلَمَ ۖ وَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Baca Juga:  Surah At-Thur Ayat 29-34; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Penjelasan ayat: قُلْ (Katakanlah) kepada mereka أَغَيْرَ اللَّهِ أَتَّخِذُ وَلِيًّا (“Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah) yang aku sembah فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ (yang menjadikan langit dan bumi) Allah yang menciptakan keduanya

وَهُوَ يُطْعِمُ (padahal Dia memberi makan) memberi rezeki وَلَا يُطْعَمُ (dan tidak diberi makan?”) tidak memerlukan rezeki قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ أَوَّلَ مَنْ أَسْلَمَ (Katakanlah, “Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama sekali menyerahkan diri) kepada Allah dari kalangan umat ini

وَ (dan) dikatakan kepadaku لَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ (jangan sekali-kali kamu termasuk golongan orang-orang yang musyrik”) kepada-Nya.

Surah Al-An’am Ayat 15
قُلْ إِنِّي أَخَافُ إِنْ عَصَيْتُ رَبِّي عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ

Penjelasan ayat: قُلْ إِنِّي أَخَافُ إِنْ عَصَيْتُ رَبِّي (Katakanlah, “Sesungguhnya aku takut jika aku mendurhakai Tuhanku) dengan menyembah selain-Nya عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ (azab hari yang besar.”) yaitu hari kiamat.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 93-94; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-An’am Ayat 16
مَنْ يُصْرَفْ عَنْهُ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمَهُ ۚ وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْمُبِينُ

Penjelasan ayat: مَنْ يُصْرَفْ (Siapa yang dijauhkan siksaan) dalam bentuk pasif, maf’ulnya azab/siksaan; dan dalam bentuk aktif, fa’ilnya Allah, sedangkan dhamirnya dibuang عَنْهُ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمَهُ (daripadanya pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya) Maha Tinggi Allah, artinya Ia menghendaki kebaikan untuknya. وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْمُبِينُ (Dan itu keberuntungan yang nyata) keselamatan yang nyata.

Demikian penjelasan Al Qur’an Surah Al-An’am Ayat 12-16 berdasarkan Kitab Tafsir Jalalain telah kita bahas bersama. Semoga menambah khazanah ilmu Ilsam kita khususnya ilmu Al Qur’an. Amin

M Resky S