Surah Al-Maidah Ayat 87-88; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 87-88

Pecihitam.org – Ali bin Abu Thalhah meriwayatkan dari ibnu Abbas, bahwa Surah Al-Maidah Ayat 87-88 ini diturunkan sehubungan dengan sekelompok orang dari sahabat Rasulullah SAW yang berkata; “Kita kebiri diri kita, tinggalkan nafsu syahwat duniawi dan mengembara di muka bumi seperti yang dilakukan oleh para rahib di masa lalu.”

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Saat kabar itu sampai kepada Rasulullah SAW, maka beliau mengutus orang untuk menanyakan hal itu kepada mereka. Mereka pun menjawab, “Benar” Maka Rasulullah SAW bersabda: “Tetapi saya puasa, berbuka, shalat, tidur, dan menikahi perempuan. Maka barang siapa yang mengamalkan sunnahku (tuntunanku), berarti ia termasuk golonganku; dan barang siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka ia bukan termasuk golonganku.” (Riwayat Ibnu Abu Hatim)

Baca Juga:  Surah Asy-Syura Ayat 47-48; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 87-88

Surah Al-Maidah Ayat 87
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Penjelasan ayat: Dalam Tafsir Jalalain dijelaskan bahwa Ayat ini diturunkan tatkala ada suatu kaum dari kalangan para sahabat yang bertekad menetapi puasa dan mengerjakan shalat di malam harinya; mereka tidak ingin mendekati perempuan, memakai wewangian, memakan daging dan tidur di ranjang/kasur. Maka turunlah ayat ini;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا (Hai orang-orang yang beriman janganlah kalian haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kalian dan janganlah kalian melampaui batas.) janganlah kalian melanggar perintah Allah. إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.)

Baca Juga:  Cara Menghafal Al-Quran dan Kemuliaan Bagi Orang Yang Hafal al-Quran

Maksudnya adalah Janganlah kalian belebih-lebihan sehingga mempersempit kalian dengan mengharamkan apa-apa yang diperbolehkan bagi kalian. Demikian menurut pendapat sebagian ulama Salaf.

Surah Al-Maidah Ayat 88
وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ

Penjelasan ayat: وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا (Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah rezekikan kepadamu) sebagai maf’ul/objek jar dan majrur yang sebelumnya menjadi hal yang berkaitan dengan maf’ul itu وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ (dan bertaqwalah kepada Allah yang kalian beriman kepada-Nya.)

Demikianlah telah kita bahas bersama kandungan Surah Al-Maidah Ayat 87-88 dengan merujuk pada Tafsir Jalalain. Bahasan ini adalah bagian dari kelanjutan Seri Tadabbur Al Qur’an kita. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Surah An-Naml Ayat 7-14; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an
M Resky S